Bukan BLT, Pemerintah Akan Berikan Sembako untuk Warga Miskin Jabodetabek

Bukan BLT, Pemerintah Akan Berikan Sembako untuk Warga Miskin Jabodetabek

Ahmad Diponegoro
2020-04-07 16:03:51
Bukan BLT, Pemerintah Akan Berikan Sembako untuk Warga Miskin Jabodetabek
Menteri Sosial Juliari Batubara. Foto: BNPB

Pemerintah pusat melalui Menteri Sosial Juliari Batubara, menegaskan tak akan memberi bantuan langsung tunai ( BLT) kepada masyarakat miskin di wilayah Jakarta, Kabupaten Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan dan Bekasi. 


Sebab, warga di enam daerah tersebut akan mendapatkan bantuan sosial berupa paket sembako senilai Rp 600.000. 


"Akan ada bansos khusus dari Presiden untuk jabodetabek berupa paket sembako dengan nilai Rp 600 ribu per keluarga," kata Menteri Sosial Juliari Batubara usai rapat dengan Presiden, Selasa 7 April 2020. 


"Untuk Jabodetabek, yang diputuskan bansosnya bentuknya sembako. BLT (bagi masyarakat) yang di luar (wilayah) itu," sambung dia.


Juliari menyebut, pemerintah menggunakan data terpadu milik Kemensos dalam memilih tiap keluarga yang berhak mendapatkan paket sembako ini dan berlaku selama tiga bulan dimulai bulan April ini.


Menteri Keuangan Sri Mulyani, kata Julari menyebut ada 1,7 juta keluarga di wilayah Jabodetabek yang akan menerima paket sembako ini. Sementara untuk wilayah selain Jabodetabek akan diberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT). 


Jumlah yang diterima tiap keluarga juga adalah Rp 600.000 per bulan dan akan diberikan selama tiga bulan, dimulai dari bulan April ini. 


"BLT selama tiga bulan dengan indeks juga 600 ribu per keluarga," kata Juliari.


Share :