Ini Dia Hadist Nabi Terkait 'Social Distancing' Agar Tak Tertular Penyakit
Foto
Foto: Istimewa

Ini Dia Hadist Nabi Terkait 'Social Distancing' Agar Tak Tertular Penyakit

Demi menekan penyebaran virus corona yang semakin menggila, pemerintah menerapkan kebijakan social distancing sebagai sarana untuk menjaga masyarakat jauh dari kerumunan.


Sebagai seorang muslim, masa physical distancing ini bisa jadi cocok untuk menyendiri, memperbanyak ibadah, dan menjauhi segala kehidupan duniawi.


Rasulullah Saw saat usianya mendekati 40 tahun, sering mengasingkan diri di Gua Hira.


Nabi Saw memulai berdiam di sana pada bulan Ramadan, menghabiskan waktunya untuk memberi makan orang-orang miskin, beribadah, dan bertafakkur tentang kejadian alam semesta. Juga memikirkan orang-orang di sekitarnya yang masih melakukan rutintitas penyembahan berhala, menyekutukan Allah Swt, dan berprilaku jahiliyah.


Hikmahnya, agar lelaki keturunan Bani Hasyim ini terhindar dari kesibukan duniawi.


Uzla atau mengasingkan diri dilakukan oleh Nabi Muhammad 3 tahun sebelum Allah Swt menurunkan risalah kenabian. Allah Swt sudah mengatur skenario kehidupan utusan-Nya ini sebaik mungkin, agar Nabi Muhammad Saw mampu menanggung amanah besar yang akan diberikan kepadanya.


Saat  genap 40 tahun, tanda-tanda kenabian mulai tampak, hingga di tahun ketiga dari pengasingan, tepatnya bulan Ramadan, Allah Swt menurunkan Malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu pertama kepada Nabi Muhammad Saw.

 

'Uzlah, sejatinya merupakan upaya untuk mengenal hakikat diri dan Allah Swt. Tokoh tasawuf Yahya bin Muadz Ar-Razi berkata;

 

"Barang siapa mengenal dirinya, sungguh ia telah mengenal Tuhannya."

 

Sebagaimana Rasulullah Saw yang menjauhi kerumunan demi mengenal diri dan Tuhannya, masa physical distancing ini juga dapat menjadi moment tepat untuk merenungkan hakikat diri dan Sang Pencipta, juga meningkatkan ibadah kepada Allah Swt.


Terkait virus corona yang semakin mengkhawatirkan, ternyata Rasulullah pernah bersabda:

Diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda;


"Larilah dari orang yang sakit lepra, sebagaimana kamu lari dari singa."

 

Nabi menyarankan umatnya untuk membentengi diri dari penyakit menular dengan tidak menganggap enteng beberapa faktor dan penyebabnya. Di antaranya adalah dengan menghindari kontak secara langsung dengan penderita penyakit menular.



Tag :

Sosial distancingvirus corona

Artikel Terkait :

  • Kisah Mistis Driver Taksi Online di Jakarta, Mengaku Pernah Angkut Sepasang Kekasih Gaib

  • Biografi Lengkap Brylian Aldama, Salah Satu Pencetak Gol Kemenangan Lawan Qatar

  • Fakta Terbaru Wanita Pamer Celana Dalam Sambil Motoran, Ternyata Seorang Laki-laki

  • Lirik Lagu Lengkap Tak Bisa Brisia Jodie, Liriknya Bikin Sedih


  • Share to: