Lima Jurus Ampuh Erick Thohir Perangi Wabah Corona

Lima Jurus Ampuh Erick Thohir Perangi Wabah Corona

Prayogo
2020-03-21 13:00:32
Lima Jurus Ampuh Erick Thohir Perangi Wabah Corona
Foto: Erick Thohir saat rapat dengan DPR. (ANTARA FOTO)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui jika wabah corona memberi dampak yang kurang baik bagi perekonomian negara, termasuk pagi perusahaan pelat merah.


"Memang kita harus siap rugi. Tapi bukan rugi-rugian, karena kondisinya seperti ini,” ujar Erick dalam video conference dengan wartawan, Jumat 20 Maret 2020.


Seperti diketahui sebelumnya, Pemerintah melakukan berbagai upaya penanganan mencegah virus yang bermula dari Wuhan China ini, meluas di Indonesia. 


BACA JUGA: EKONOMI NEGERI DITERPA MASALAH, ERICK THOHIR: INSYA ALLAH ADA JALAN


Dalam memerangi wabah tersebut, Erick Thohir pun melakukan sejumlah gebrakan melalui lima jurus ampuh.


Berikut lima jurus ampuh dalam memerangi wabah virus corona:


1. Memaklumi kinerja kurang baik BUMN


Erick mengakui wabah corona memberi dampak negatif bagi ekonomi termasuk ke keuangan perusahaan pelat merah. Atas dasar itu, dia dapat menerima jika perusahaan BUMN merugi pada tahun ini. 


"Kita terus menjaga, melakukan fast track kepada perusahaan BUMN yang terdampak, Insya Allah ada jalan. Insya Allah ada jalan karena saya yakin Indonesia ini adalah negara besar, kita negara kuat, meskipun memang memerlukan waktu beberapa bulan ke depan,” ucap dia.


2. Stok obat corona untuk 60.000 pasien


Erick mengatakan, saat ini BUMN farmasi telah menyiapkan obat untuk pasien corona. Obat tersebut sudah digunakan oleh beberapa negara. 


"Jumlahnya juga cukup signifikan, bisa sampai 60.000 pasien. Nah ini juga sudah kita siapkan, stoknya ada untuk yang sakit," kata Erick.


BACA JUGA: PRESIDEN JOKOWI: TES MASSAL VIRUS CORONA DIMULAI HARI INI


3. Pesan 500.000 alat tes corona 


Erick telah menginstruksikan perusahaan pelat merah untuk memesan ratusan ribu alat rapid test virus corona dari China. Dengan adanya alat tes virus corona ini, pengecekan virus corona bisa dilakukan secara massal.


"Kami sudah pesan sekitar 500.000 (alat rapid test). RNI lagi kerja sama dengan China itu mau produksi rapid test corona," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Rabu 18 Maret 2020.


4. Sulap kamar hotel Pertamina jadi ruang isolasi 


Erick berencana menyulap Hotel Patra Comfort, Jakarta untuk menampung Orang dalam Pengawasan (ODP) terkait virus corona. Hal ini disampaikan oleh staf khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. 


"Jadi nanti yang 65 itu (tempat tidur di RS) ditambah 52 (tempat tidur) yang di hotel untuk ODP, jadi safe house," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga pada Selasa 17 Maret 2020.


Selain itu, RS Pertamina Jaya juga akan menyediakkan ruangan untuk pasien Corona. Nantinya akan ada penambahan 90 tempat tidur dan akan dilengkapi dengan laboratorim pendeteksi virus Corona, radiologi dan ruang isolasi.


5. Buka lowongan relawan 


Erick mengajak masyarakat menjadi volunter untuk tenaga medis dan nonmedis dalam memerangi Covid-19. 


Ia mengajak masyarakat terlibat aktif dalam membantu pemerintah menangani penyebaran Covid-19. 


"Saya mengajak putra-putri terbaik bangsa bersatu padu menjadi volunter kemanusiaan menuju Indonesia sehat," ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Jumat 20 Maret 2020.


Erick menambahkan, seluruh elemen bangsa harus bersatu melawan Covid-19. Menurut dia, dengan gotong-royong, Indonesia mampu mengatasi Covid-19 agar aktivitas masyarakat kembali normal.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30