5 Mitos dan Legenda Ratu-ratu Misterius di Indonesia

5 Mitos dan Legenda Ratu-ratu Misterius di Indonesia

Ekel Suranta Sembiring
2020-08-23 14:00:00
5 Mitos dan Legenda Ratu-ratu Misterius di Indonesia
Ilustrasi Nyi Blorong (foto: sooperboy)

Indonesia memang kental dengan budaya yang tak lepas dari berbagai mitos dan legenda, termasuk mitos dan legenda sosok para ratu misterius yang kerap dianggap sebagai penguasa sebuah wilayah. 

Inilah sederet legenda ratu-ratu misterius yang hingga sekarang masih kuat melekatkan unsur-unsur mistis dikalangan masyarakat Indonesia:

Baca Juga:

Deretan Cerita Horor di Rumah Sakit Salemba, Salah Satunya Peti Bergerak Sendiri Pertanda ada Orang Meninggal

Kisah Misteri Pantang Memakai Pakaian Berwarna Hijau ke Pantai Laut Selatan

Identik dengan Kematian, Keranda Mayat Kerap Dianggap Benda Keramat Penuh Mitos

1. Ratu Pantai Selatan


Ilustrasi Ratu Pantai Selatan (foto: tribunnews)

Pesona Pantai Pelabuhan Ratu tak hanya menghadirkan pesona kasat mata, namun juga segala yang tak kasat mata. Jejak Kanjeng Ratu Roro Kidul pun begitu kuat merelung di dalam jiwa masyarakat. 

Sebagai penguasa laut Pantai Selatan, dari dalam istananya dijantung Samudera Hindia, Nyi Roro Kidul digambarkan memiliki kuasa atas makhluk gaib serta gelombang maha dahsyat di Laut Selatan. 

Konon Ratu Kidul bisa berwujud seperti wanita muda yang cantik jelita dengan pesona mistik tingkat tinggi. Dalam legenda, sebagain masyarakat Yogyakarta serta wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, Ratu Kidul digambarkan sebagai sosok jelita yang merupakan pasangan spiritual dari Raja Dinasti Mataram.

Kemisteriusan Nyi Roro Kidul pun tak lepas dari berbagai mitos yang meliputinya. Salah satu yang paling terkenal ialah mitos larangan memakai segala sesuatu berwarna hijau di Pantai Selatan. 

Dan hingga kini eksistensi Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul masi tetap diyakini oleh sebagian masyarakat. Beberapa diantara mereka bahkan tetap melakukan ritual kuno yang sudah berlangsung turun-temurun dan didedikasikan untuk penguasa Pantai Selatan.

2. Ratu Pantai Utara

Ilustrasi Ratu Pantai Utara (foto: juragansejarah)

Dewi Lanjar atau yang lebih dikenal dengan Ratu Pantai Utara merupakan sebuah legenda yang hidup dan masih berpengaruh dalam jiwa masyarakat, khususnya di wilayah Pekalongan.

Berbagai peristiwa ganjil seperti fenomena hilangnya banyak orang secara misterius di sekitar Pantai Utara pun sering kali dihubungkan dengan kekuatan magis yang dimiliki oleh sang ratu. 

Mereka yang hilang, konon dibawa atau tersesat ke daerah Keraton Dewi Lanjar yang menurut kepercayaan masyarakat terletak di wilayah Pantai Pekalongan tak jauh dari Sungai Selamaran. Meski berada dibalik dimensi misterius, dikisahkan tempat tersebut memiliki wujud tak jauh berbeda dengan dunia manusia.

Alkisah hiduplah seorang putri cantik bernama Dewi Rara Kuning, hidup dalam penderitaan lantaran ditinggal wafat oleh sang suami, tak lama setelah menikah ia pun melakukan perjalanan spiritual ke beberapa tempat hingga ke Pantai Selatan dimana ia bertemu sang Ratu Kidul dan menjadi anak buahnya. Ia pun didapuk sebagai penjaga wilayah Pantai Utara Pekalongan.

3. Nyi Blorong


Ilustrasi Nyi Blorong (foto: sooperboy)

Tak hanya Ratu Pantai Selatan dan Ratu Pantai Utara, Nyi Blorong juga merupakan salah satu sosok legenda mitologi Indonesia yang cukup terkenal. Sosok yang konon berparas cantik dengan tubuh setengah ular, dikisahkan merupakan seorang panglima di kerajaan gaib Pantai Selatan.

Legenda menyebutkan Nyi Blorong merupakan seorang putri Kerajaan Caringin XI bernama Nyimas Dewi Anggatasari, karena sifatnya yang angkuh dan jahat, ia pun diusir dari keraton dan mengasingkan diri di Hutan Selatan. 

Secara tak sadar ia pun masuk ke gerbang gaib yang dipimpin oleh Nyi Roro Kidul, dimana dirinya diangkat menjadi anak angkat Ratu Kidul dan diberi kekuatan ular.

Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, Nyi Blorong merupakan bawahan Nyi Roro Kidul yang selain memegang kuasa sebagai panglima tertinggi, ia juga memiliki tugas untuk menyesatkan manusia.

4. Ratu Junjung Buih


Ilustrasi Ratu Junjung Buih (foto: Kumparan.com)

Aura mistis penguasa Selat Karimata, Ratu Junjung Buih begitu kental menghembuskan kisah misterius di wilayah Kalimantan dan sekitarnya. Sejak jaman dahulu kala, menurut legenda yang berhembus, kesaktian sang ratu sanggup membuat dirinya menjadi pemimpin para makhluk astral di perairan tersebut.

Sosok Ratu Junjung Buih pun kerap dihubungkan dengan berbagai peristiwa ganjil yang terjadi di Selat Karimata. Salah satunya peristiwa naas yang menimpa Pesawat Airbus A320 pada tahun 2015 silam, konon penyebab pesawat itu terjatuh ke lautan, tiada lain akibat memasuki wilayah gaib milik sang ratu.

Terlepas benar atau tidaknya cerita tersebut, Ratu Junjung Buih memang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai legenda mitologi yang bahkan sebanding dengan Ratu Pantai Selatan.

Baca Juga:

Cerita Mistis Petugas di Puspemkot Serang, dari Mengaku Dihuni Berbagai Makhluk Gaib hingga Pinsan Melihat Wewegombel

Cerita Mistis Seorang Paranormal saat Menemukan Benda Rantai Bumi

Sumur Kadu di Serang, Menyimpan Mitos dapat Meningkatkan Aura

5. Nyi Ratu Kalinyamat


Ilustrasi Nyi Ratu Kalinyamat (foto: goodnewsfromindonesia)

Tokoh Nyi Ratu Kalinyamat begitu melegenda, setidaknya bagi masyarakat Jepara dan Pati Jawa Tengah. Alkisah pada tahun 1549, Ratu Kalinyamat terpaksa hidup sebagai janda setelah sang suami Sultan Hadiri meninggal dunia ditangan Aryo panangsang.

Nelangsa serta dipenuhi rasa dendam, Ratu kalinyamat dikisahkan bertapa tanpa sehelai kain pun dan bersumpah untuk meninggalkan gemerlapnya kehidupan istana hingga kematian sang suami terbalaskan.

Pertapaan serta sumpah Ratu Kalinyamat pun ditafsirkan oleh masyarakat sebagai wujud kesetiaan, kecintaan dan pengabdian sang ratu terhadap suaminya. Ia pun menghentikan kegiatan spiritualnya, setelah Aryo Panangsang akhirnya meregang nyawa ditangan Danang Sutowijoyo yang dikemudian hari mendirikan Kerajaan Mataram.

Hingga kini, situs pertapaan dan makam Nyi Ratu Kalinyamat tak pernah sepi dari pejiarah, yang hadir dari seluruh penjuru jepara. Banyak dari mereka yang merupakan kaum hawa percaya, jika berdoa di tempat tersebut, mereka akan cantik alami layaknya Nyi Ratu Kalinyamat.

Sumber: Silet


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30