Sungai Cimanuk di Indramayu ini Menyimpan Kisah Misteri, Konon Ada Kerajaan Jin

Sungai Cimanuk di Indramayu ini Menyimpan Kisah Misteri, Konon Ada Kerajaan Jin

Ekel Suranta Sembiring
2020-08-01 17:22:38
Sungai Cimanuk di Indramayu ini Menyimpan Kisah Misteri, Konon Ada Kerajaan Jin
Sungai Cimanuk (foto: wikipedia)

Sungai Cimanuk yang berada di Indramayu, Jawa Barat menyimpan kisah misteri. Pasalnya, kedalaman sungai itu, konon terdapat sebuah kerajaan jin dengan istananya yang gemerlap.

Dalam Babad Indramayu disebutkan bahwa dalam rangka membangun Indramayu, Arya Wiralodra sempat bertempur dengan raja dari kerajaan siluman tersebut. Dia bertempur karena pada awalnya pendirian Indramayu menggangu ekosistem jin di kawasan Cimanuk.

Baca Juga: 

Kisah Mistis Sekeluarga dari Garut Nyasar di Hutan Leweung Sancang Dibuat oleh Hantu Sekitar

Jalan Lingkar Barat di Purwakarta Ini Sering Terjadi Penampakan, Begini Cerita Seram dari Warga Setempat

RS Arjawinangun Cirebon yang Sudah Lama Tak Terpakai Menyimpan Cerita Seram akibat Dijadikan Tempat Bersalin, Begini Ceritanya

Bagi masyarakat desa di sekitar bantaran Sungai Cimanuk, pada kisaran tahun 1950-1980-an, disebutkan, sudah tidak asing lagi dengan penampakan-penampakan mistis di Cimanuk, seperti suara kuda berlari dan bala tentara tempo dulu yang hilir-mudik berjalan beriringan di atas Sungai Cimanuk.

Di situ juga ada penampakan Jangjitan (manusia-manusia kecil seperti Tuyul) di Hutan Tanggul Cimanuk, penampakan Buncul (hewan gaib), penampakan Buaya Putih, bebunyian atau tetaluan/gamelan, dan lain sebagainya.

Namun kisah-kisah tersebut kemudian seperti musnah ditelan oleh zaman, ketika pada tahun 1990-an Indramayu secara keseluruhan teraliri listrik. Kisah-kisah mistis tersebut seolah hilang tertutupi modernisasi zaman.

Kisah mengenai Kerajaan Jin Cimanuk kemudian kembali muncul pada tahun 2000-an. Kisah tersebut bermula dari pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Bangkaloa Ilir di Barat dan Desa Pilangsari di Timur. Jembatan ini dibangun melintasi Sungai Cimanuk dengan panjang 1 kilometer lebih.

Dalam pembangunannya, konon ditemukan keanehan-keanehan seperti sulitnya membuat cor-coran dalam pondasi jembatan dan kisah-kisah mistis mengenai adanya berbagai macam bebauan yang dirasakan pekerja proyek pembuatan jembatan tersebut.

Setelah selesainya proyek pembangunan Jembatan Bangkaloa Ilir tersebut, orang-orang yang pernah terlibat dalam pembangunan proyek tersebut seperti mandor atau pekerja lainnya, didapati meninggal. Meskipun proses meninggalnya tersebut dikatakan wajar (akibat Kecelakaan atau sakit), tetapi bagi masyarakat sekitar menyangkutpautkan dengan hal-hal mistis.

Kasus kemudian bertambah runcing ketika seorang ibu yang koma akibat sesuatu kecelakaan/sakit tersadarkan diri setelah kurang lebih 2 bulan masa koma. Setelah sadar ibu tersebut menceritakan, dalam koma itu dia dipekerjakan di dapur Istana Kerajaan Jin Cimanuk. 

Tugasnya sehari-hari ngelap godong gedang (membersihkan daun pisang) yang digunakan sebagai alas untuk makan para penghuni kerajaan Sungai Cimanuk.

Selain itu, menurut sang ibu, di dalam masa koma tersebut dia melihat mantan mandor/pekerja pembuatan Jembatan Cimanuk Bangkaloa Ilir tersebut dijadikan abdi dalem di istana tersebut. Bahkan, dikatakan orang-orang di desanya yang dahulu meninggal di atas Jembatan Cimanuk, baik karena kecelakaan tunggal maupun kecelakaan nontunggal (tabrakan) terlihat menjadi abdi dalem di istana jin tersebut.

Baca Juga:

Kisah Mistis Mahasiswa UGJ saat Ikut KKN di Salah Satu Desa Kabupaten Cirebon, Dirasuki Akibat Bertingkah Aneh

Jalur Puncak di Cianjur Terkenal Angker dan Sering Terjadi Kecelakaan, Begini Cerita Horornya dari Warga Setempat

Begini Reaksi Seram Ningsih Tinampi saat Anaknya Kena Santet dari Pulau Kalimantan

Karena sehari-hari ibu tersebut dipekerjakan sebai pembersih daun pisang yang bertumpuk-tumpuk banyaknya, ibu tersebut merasa tidak betah, ingin pulang, dan terus-menerus menangis, sehingga salah satu tentara Kerajaan Jin Cimanuk tersebut mendatangi dan menayakan alasan ibu tersebut menangis. Ibu tersebut kemudian menjawab bahwa ia ingin pulang.

Karena merasa kasihan, salah satu tentara kerajaan tersebut menunjukan arah jalan pulang, dan setelah ibu tersebut melangkah ke arah jalan pulang yang ditunjukkan, tersadarlah ibu tersebut dari komanya.

Baca Juga: netralnews.com


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30