Mengenal Pengleakan, Ilmu Kerohanian dari Bali yang Dianggap Sesat dan Berbahaya

Mengenal Pengleakan, Ilmu Kerohanian dari Bali yang Dianggap Sesat dan Berbahaya

Ekel Suranta Sembiring
2020-06-09 14:38:52
Mengenal Pengleakan, Ilmu Kerohanian dari Bali yang Dianggap Sesat dan Berbahaya
Laek (foto: Panduanwisata)

Ilmu Penglaek selama ini kita menghubungkannya dengan hal-hal buruk dan negatif. Seseorang yang ada hubungannya dengan Leak ini dianggap berilmu hitam sehingga dijauhi. Bahkan kerap diusir dari desa karena dianggap menyebabkan mala petaka seperti kisah Calonarang yang sangat melegenda dalam perkisahan di Bali.

Dalam kisah Calonarang, diceritakan seorang wanita jahat yang membuat Jawa dan Bali menjadi mencekam oleh ilmu pangleakan. Ilmu ini bisa merubah seseorang menjadi leak dan menyebarkan penyakit tidak wajar kepada penduduk hingga semuanya bisa meninggal dunia.

Karena efek ilmu ini begitu dahsyatnya, banyak yang bilang ini adalah ilmu tingkat tinggi yang tak sembarang orang bisa menguasainya. Biasanya ciri-ciri khas si pengguna ilmu mengeluarkan cahaya dari tubuhnya ketika dilihat dari kejauhan. Aura tubuhnya keluar seperti memendarkan cahaya-cahaya yang sangat berkilauan dan seperti terbakar.

Baca Juga: Ngilu! Mengenal Nasu Palek, Tradisi Iris Daun Telinga dari Suku Dani

Ilmu kerohanian yang telah jadi tradisi Bali ini sebenarnya tak seberbahaya seperti cerita-cerita masa lalu yang sering dipentaskan di beberapa pementasan di Bali. Sesungguhnya ilmu ini dipelajari untuk memberikan relaksasi tinggi saat meditasi (ilmu astral projection yang membuat arwah bisa berpindah-pindah dengan cepat), namun disalah gunakan.

Untuk itu, seseorang harus memiliki guru yang mengajarkan mereka agar tidak disalahgunakan dan tidak membuat celaka orang lain.

Baca Juga: Mengenal Omed-omedan, Tradisi Ciuman Anak Muda di Bali Setiap Setahun Sekali

Namun tetap saja pengguna ilmu ini akan mengalami tekanan pikiran karena gangguan dari makhluk astral yang ada di sekitar yang ingin memasuki tubuh pengguna. Sehingga biasanya orang-orang seperti ini memiliki kecenderungan mudah emosi dan sulit untuk diajak mengobrol dengan baik.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30