TikTok menggelar festival #SerunyaBelajar secara langsung pada Sabtu, 19 November 2022 di The Hall Senayan City Lantai 8 pukul 10.00 – 21.00 WIB. Acara ini merupakan puncak dari rangkaian dari kampanye #SerunyaBelajar yang telah digelar selama sebulan penuh. Dalam festival ini, TikTok menggandeng sejumlah konten kreator, komunitas hingga masyarakat umum untuk menemukan keseruan belajar di TikTok.
Kampanye #SerunyaBelajar
Bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober
2022 lalu, TikTok bersama Kemendikbudristek meluncurkan kampanye
#SerunyaBelajar sebagai salah satu cara menghidupkan semangat belajar generasi muda.
Kampanye #SerunyaBelajar adalah kampanye yang berfokus pada
peningkatan konten kategori edukasi di TikTok yang diluncurkan sejak awal tahun
2022, di mana saat ini telah memiliki lebih dari 16 miliar views.
Kampanye ini mengajak aktris sekaligus penyanyi Mikha Tambayong
sebagai #SerunyaBelajar Campaign Ambassador.
Kegiatan Festival #SerunyaBelajar
Festival #SerunyaBelajar akan terdiri dari tiga jenis
kegiatan yakni Kegiatan Belajar yang meliputi bootcamp kreator, sharing session
dan diskusi. Kemudian ada kegiatan fun yang diisi dengan pentas seni, instalasi
kreatif Augmented Reality (AR), hingga eksperimen sains. Dan yang terakhir, ada
kegiatan ekstrakurikuler yang diisi dengan beragam kelas mulai dari melukis,
kecantikan, memasak hingga akting.
Sharing Tentang Konten Edukasi
Salah satu materi yang menjadi monten sharing session adalah
mengenai konten edukasi. Pada kesempatan ini Mahwari Sadewa Jalutama selaku
Head of Operations TikTok Indonesia menjadi salah satu pembicara. Ia mengungkapkan bahwa kampanye #SerunyaBelajar ini bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi para netizen khususnya generasi muda bangsa Indonesia.
Selain itu, hadir pula Konten Kreator TikTok Ananza Prili yang
turut membagikan pengalamannya serta pendapatnya tentang edukasi di Indonesia di
era perkembangan teknologi saat ini. Menurutnya, teknologi harus dimanfaatkan dengan
baik dan hati-hati jangan sampai justru menjerumuskan.
“Di era teknologi yang makin maju ini kita justru bisa terkendali, kita makin jadi orang yang kritis, selektif, atau justru kita terbawa oleh arus teknologi,” ungkap Ananza.
Baca juga: Profil dan Biodata Saputra Kori aka Sptrakori: Umur, Agama, IG, TikToker dengan 9,2 Juta Followers
Oleh sebab itu, Ananza menilai kampanye #SerunyaBelajar ini
penting untuk generasi muda. Ia bahkan mengaku telah mengikuti kampanye edukasi
TikTok sebelumnya yakni #SamaSamaBelajar. Ia juga mengajak anak muda untuk
terus berbagi konten tentang edukasi apapun yang bermanfaat tanpa ragu.
“Jadi buat temen-temen semua yang ngerasa belum berilmu,
menurut aku kalian ga perlu jadi expert buat memulai sesuatu. As long as sesuatu
yang kalian buat itu sesuatu yang benar sesuatu yang bisa dipertanggung
jawabkan, kita harus mulai sharing,” kata Ananza.