Road to Bali Digital Fashion Week (BDFW) 2022, MAJA Labs
berkolaborasi bersama Indonesia Creative City Network (ICCN) menggelar seminar
tentang Web3 di Bali. BDFW 2022 sendiri akan segera dilaksanakan pada Desember
2022 di Bali.
Seminar seputar Web3 telah digelar pada Sabtu, 22 Oktober 2022 pukul 16.00 – 17.30 WITA di T-Hub By Tokocrypto, Jalan Batu Belig Gg. Daksina no.1, Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali. MAJA Labs menghadirkan sejumlah narasumber ahli baik dari dalam maupun luar negeri.
Seminar Web3 Kolaborasi MAJA Labs dan ICCN
Seminar MAJA Labs X ICCN kali ini mengusung tema “Community
Is The Key to Develop Web3 Ecosystem”. Acara ini telah digelar secara online
dan offline pada hari Sabtu, tanggal 22 Oktober 2022 pukul 16.00 hingga 17.30
WITA.
Dalam kesempatan ini, MAJA Labs X ICCN menghadirkan beberapa
pemateri yang merupakan ahli di dunia digital termasuk Web 3. Para pemateri
tersebut adalah Prayogo (MAJA Labs), Schieva (Digital Fashion Designer), Regina
Turbina (CEO Arisant.io), Arnold Ong (Bali Blockchain Community), Tokyo White
(CEO of Tokyo White), dan SC (Community Manager S21). Sharing session mengenai
Web3 ini akan dipandu oleh Rical Ardani sebagai moderator.
Pentingnya Komunitas Untuk Membangun Ekosistem Web 3
Seluruh pemateri sepakat bagaimana komunitas menjadi faktor penting dalam membangun komunitas Web3. Dengan adanya komunitas, Web 3 dapat berkembang dan kemudian menjadikannya simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan termasuk bagi komunitas itu sendiri.
“Komunitas adalah hal besar di ekosistem Web3, termasuk pada
umumnya saat kita membangun company maupun brand komunitas sangatlah penting
karena akan menjadi faktor utama pendukung dalam perkembangannya,” ungkap Tokyo
White.
Digital Fashion Mendukung Ekosistem Web3
Lebih lanjut, seminar ini juga membahas bagaimana digital fashion mendukung perkembangan Web3 itu sendiri. Schieva, digital fashion desaigner mengungkapkan bahwa perkembangan digital fashion masih terbilang baru. Oleh karena itu, ia mengungkapkan bagaimana komunitas merangkul brand-brand besar untuk masuk ke dunia Web3.
“Kita sadar karena kita (komunitas digital fashion) masih
sangat early, untuk membangun ekosistem Web3 kita juga mendorong brand-brand
ternama untuk masuk juga ke Web3. Jadi kita juga merangkul mereka untuk masuk
ke Web3 dengan memberikan sosialisasi dan membuat event bersama.” Ungkap Schieva.
Harapannya digital fashion akan mampu membantu untuk mengurangi limbah fast fashion yang sering digunakan satu kali untuk tampil di dunia maya.
Baca juga: Road To Bali Digital Fashion Week 2022, MAJA Labs X ICCN Gelar Seminar Web3 di Bali
“Hadirnya digital fashion ini di Web3 bakal menjadi masa
depan bagaimana nanti kita berpakaian dan terlihat di depan banyak orang lewat
metaverse,” ujar Prayogo.
Ia juga mengungkapkan bahwa digital fashion ini harus dimulai dari sekarang agar Indonesia mendapat momentum dan tidak ketinggalan dalam perkembangan dunia digital khususnya web3.