IDNFT dan MAJA Labs menghadirkan Euphodea dalam acara 1DNFTVERSERY yang digelar di Main Hall Neo Soho Mall, Jakarta Barat.
Dalam acara ini, Euphodea menceritakan folosofi nama serta konten yang mereka hadirkan. Nama Euphodea sendiri merupakan singkatan dari Euphoria with Idea.
Baca Juga: Hadiri 1DNFTVERSERY, Adrian Zakhary: Web3 Berikan Dampak Nyata Terhadap Ekonomi Indonesia
Tentang 1DNFTVERSERY
IDNFT merayakan hari ulang tahun mereka yang pertama dalam sebuah acara yang bertajuk "1DNFTVERSERY". Acara ini berlangsung selama 16 hari, yakni 1 Oktober 2022 hingga 16 Oktober 2022, dan berlangsung di Main Hall Neo Soho Mall, Jakarta Barat.
Ada banyak rangkaian kegiatan yang disediakan IDNFT, seperti Metaverse Exhibition, NFT Talk, Crypto Talk, Blockchain Talk, Art Performance dan NFT Journey Sharing Session.
Hadirkan Euphodea
Pada hari Minggu, 9 Oktober 2022, IDNFT menghadirkan konten kreator asal Malang, Euphodea. Euphodea merupakan konten kreator di TikTok, Instagram dan YouTube yang mana mereka membuat konten mencari lokasi dari sebuah foto.
Euphodea ini juga merupakan sosok dibalik kreator Project NFT yang bernama Duck Goes Places (DGP).
Di acara 1DNFTVERSERY, dua orang konten kreator asal Malang ini menceritakan arti dan makna nama Euphodea, yang mana artinya adalah Euphoria with Idea. Euphodea berharap konten mereka tidak sekedar konten, tapi juga bisa mengedukasi kepada para penonton.
"Euphodea itukan Euphoria with Idea. Jadi kita berusaha memberikan hal baru dalam mengintertain sebuah konten. Jadi agar tidak sekedar konten tapi kita juga ingin edukasi dan memberi makna dari konten yang kita sajikan," ucap Euphodea.
Lebih lanjut, dijelaskan bahwa Euphodea ini memiliki 3-4 konten, yang mana semua kontennya tersebut berkaitan dengan lokasi. Karena, Euphodeia ingin membangun branding konten tentang lokasi.
"Sebenarnya konten kita itu ada 3-4 yang intilah. Semuanya ada kaitannya dengan lokasi. Kita memang membangun branding kontennya tentang lokasi," katanya.
4 Konten Euphodea
Dijelaskan juga ke-empat konten utama Euphodea yang semuanya ada kaitannya dengan lokasi, diantaranya adalah:
1. Youfindia, ini berasa dari kata You (kamu), find (menemukan), dia. Ini merupakan salah satu konten utama untuk menemukan lokasi foto sesorang, seperti followers hingga artis.
2. Youknown, ini konten buat ngasih tahu atau memvisualisasikan penonton sebuah lokasi atau tempat horror yang viral lewat aplikasi street view.
3. Euphopedia, ini bukan ke konten lokasi seperti sebelumnya tapi lebih ke fun games. Konten ini mengaitkan satu kata dengan kata lain lewat Wikipedia.
4. Youguess, ini berasal dari kata You (kamu), guess (menebak). Ini sebetulnya diambil dari nama game nya Geoguess. Nanti ada scorenya saat nebak lokasi.
Euphodea Mulai Rambah ke Web3
Euphodea yang selama ini bermain di Web2, kini sudah mulai merambah ke dunia Web3 sebagai bentuk inovasi. Salah satu yang kini sedang dijajal Euphodea adalah NFT.
"Kita mulai inovasi untuk masuk setelah web 2 kan web 3, dari situ kita mengulik di web 3 ada apa aja, nah ternyata ada NFT. Nah di NFT tersebut kayak membuat sebuah IP, disitu kita harus terjun juga ke NFT untuk inovasi ke depan kita," ucapnya.
MAJA Labs Bantu Euphodea Kembangkan DGP NFT
Muhamad Ibnu Adam selaku Co-founder MAJA Labs yang hadir di IDNFTVERSERY mengatakan bahwa MAJA Labs sedang berusaha untuk membangun ekosistem Web3 di Indonesia.
Salah satu upaya yang dilakukan adalah berkolaborasi dengan Euphodea untuk mengembangkan DGP NFT, yang berpotensi untuk meningkatkan promosi pariwisata lokal.
Baca Juga: Duck Goes Places Proyek NFT MAJA Labs Sold Out dalam 7 Hari, Promosikan Wisata Indonesia
"MAJA Labs salah satu Web3 enabler. Kita mencoba membangun ekosistem Web3 untuk membantu. Karena konsep dari Web3 dari itu desentrelisasi, mungkin simplifynya itu kunci keberhasilan dari Web3 itu kolaborasi," ucap Adam.