Perkembangan dunia digital di dunia semakin cepat dan menunjukan
kemajuan yang pesat. Setelah tren NFT yang diikuti oleh seluruh warga dunia
hingga para public figure, kini giliran dunia fashion yang mulai turut andil
bagian.
Digital fashion menjadi hal baru bagi beberapa orang, namun karena ditunjang perkembangan teknologi yang pesat, beberapa brand besar dunia bahkan telah masuk di industri tersebut. Tak hanya itu, peragaan busana secara digital level internasional pun telah digelar, salah satunya New York Digital Fashion Week.
Beberapa brand yang kini telah menjajaki digital fashion adalah Louis Vuittoun, Balenciaga, dan SCHIEVA dari MAJA Labs.
Founder MAJA Labs, Adrian Zakhary mengungkapkan bahwa dengan digital fashion, kita membantu mengurangi masalah lingkungan salah satunya menekan produksi limbah tekstil.
"Digital fashion hari ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi limbah tekstil, masalah sampah, dan fast fashion yang ada di Indonesia. Dengan adanya digital fashion juga itu lebih eco-friendly," katanya.
Berikut brand besar dunia yang mulai terjun ke dunia digital fashion.
Louis Vuitton
Brand fashion asal Prancis ini juga mulai mengikuti tren
digital fashion. Berdiri sejak tahun 1854, Luois Vuitton menjadi salah satu
brand high end atau kelas atas dengan harga produk yang mencapai ratusan juta.
Ternyata, sejak tahun 2019 Louis Vuitton telah memulai
digital fashion karyanya. Kala itu mereka berkolaborasi dengan Leauge of
Legends untuk membuat digital fashion yang digunakan karakter game tersebut.
Mulai dari pakaian, alas kaki, hingga aksesori pemain game tersebut menggunakan
brand Louis Vuitton.
Balenciaga
Masih dari Prancis, Balenciaga juga telah terjun ke dunia
digital fashion. Brand yang didirikan di Spanyol ini menjadi merek pertama yang
bermitra dengan Fortnite untuk koleksi pakaian dalam karakter digital mereka
yang disebut skins.
Skins tersebut bisa dibeli pemain seperti layaknya
berbelanja pakaian biasa namun hanya bisa digunakan untuk karakter digitalnya.
RTFKT
RTFKT adalah perusahaan sepatu kets atau sneakers virtual
yang sejak tahun 2021 lalu telah diakuisisi oleh Nike Inc.
Sebelumnya RTFKT berkolaborasi dengan enam seniman untuk
mengembangkan koleksi busana digital yang terinpirasi oleh video game Atari. Nantinya
pengguna dapat mencoba sneakers limited edition secara virtual dengan aplikasi
Snapchat dan aplikasi MetaverseMe.
SCHIEVA
SCHIEVA adalah seseorang pioneer Digital Fashion NFT di Indonesia yang kini bergabung dengan MAJA Labs. Ia bahkan pernah mendapat penghargaan atas partisipasinya di Digital Art Charity Exhibiton serta kontribusi dalam mengikuti proyek penggalangan dana untuk Digital Designer Ukraina dan seniman yang terdampak perang Rusia-Ukraina.
Baca juga: Digital Fashion Designer MAJA Labs Schieva Kolaborasi dengan Tokyo White International di NYDFW 2022
Belum lama ini, SCHIEVA kembali membanggakan tanah air
dengan mengikuti New York Digital Fashion Week 2022 berkolaborasi dengan Tokyo
White International.