BRI Bawa Produk UMKM Mendunia Lewat Ajang Indonesian Culture Festival Market di Turki

BRI Bawa Produk UMKM Mendunia Lewat Ajang Indonesian Culture Festival Market di Turki

Ajeng Conny Pradestina
2022-06-08 15:30:00
BRI Bawa Produk UMKM Mendunia Lewat Ajang Indonesian Culture Festival Market di Turki
Indonesian Culture Festival Market di Turki

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI membawa produk UMKM Indonesia mendunia melalui ajang Indonesian Culture Festival Market di Turki. Dalam acara tersebut, BRI membawa produk unggulan UMKM Indonesia agar dapat dipasarkan secara Internasional.

Baca jugaWujudkan Mimpi Miliki Rumah Idaman dengan Cepat Pakai KPR Kilat BRI, DP Mulai 0%

Ajang perdana festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki ini, hasil kolaborasi antara Konsulat Jenderal RI Istanbul, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia dan Kementerian BUMN.

Indonesian Culture Festival Market atau Pasar Senggol Turki ini diselenggarakan pada Minggu (5/6) di Halic Congress Center di Istanbul, Turki.

Acara tersebut dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal, Konsul Jenderal RI Istanbul Imam As’ari, Staf Khusus Menteri BUMN (daring) Arya Sinulingga, Koordinator PPI Dunia Faruq Ibnul Haqi juga Duta Besar dari negara-negara sahabat.

Kementerian BUMN turut berkomitmen memajukan bisnis UMKM di Indonesia. Arya Sinulingga mengungkapkan bahwa berbagai program terus dilakukan oleh Kementerian BUMN, seperti Rumah BUMN yang menjadi tempat bagi UMKM untuk berkembang, lebih kreatif, go digital dan go global dengan pendampingan dari BUMN.

"Bukan hanya pendampingan, BUMN juga mendukung dari sisi pembiayaan bahkan hingga pemasaran seperti yang kita lakukan di Turki. BUMN berkomitmen membawa UMKM untuk bisa membuka market baru," ungkap Arya.

Selain itu, Arya juga berharap acara seperti ini dapat terus dilakukan demi mendorong UMKM Indonesia menembus pasar Internasional.

"Kami menilai potensi market di Turki sangatlah besar bagi UMKM BUMN. Dengan kolaborasi bersama KJRI dan PPI, kami berharap kolaborasi dapat terus dilakukan sebagai upaya dalam membantu UMKM Go Global," jelas Arya.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, BRI sebagai bank yang fokus di segmen UMKM perseroan tidak hanya melakukan pemberdayaan untuk peningkatan skala usaha semata. Namun juga, bagi UMKM yang memiliki produk layak akan diperkenalkan dengan pasar yang lebih luas, yaitu pasar internasional salah satunya melalui Pasar Senggol Turki tersebut.

"Pertama memang BRI memiliki program-program pemberdayaan seperti di Rumah BUMN BRI misanya. Kemudian pendampingan seperti program BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadikan nasabah yang berorientasi ekspor, sehingga pemasaran tidak hanya pasar lokal di mana dia memproduksi barangnya, tapi juga pasar yang lebih luas agar UMKM dapat Go Global," tekannya.

Baca juga: Promo BRImo Bikin Happy, Belanja di Sarinah Dapat Voucher hingga Rp 500 Ribu

Dalam acara Pasar Senggol Turki, BRI memperkenalkan tiga produk UMKM binaan kepada konsumen manca negara yaitu Soloputri, Rendang Oma Keenan dan Bebek Jawara. Sebagai sponsor, BRI pun memfasilitasi dua pelaku UMKM untuk mengikuti bazar secara langsung di Pasar Senggol Turki 2022.

 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30