PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI membawa
produk UMKM Indonesia mendunia melalui ajang Indonesian Culture Festival Market
di Turki. Dalam acara tersebut, BRI membawa produk unggulan UMKM Indonesia agar
dapat dipasarkan secara Internasional.
Baca juga: Wujudkan Mimpi Miliki Rumah Idaman dengan Cepat Pakai KPR Kilat BRI, DP Mulai 0%
Ajang perdana festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki
ini, hasil kolaborasi antara Konsulat Jenderal RI Istanbul, Perhimpunan Pelajar
Indonesia (PPI) Dunia dan Kementerian BUMN.
Indonesian Culture Festival Market atau Pasar Senggol Turki
ini diselenggarakan pada Minggu (5/6) di Halic Congress Center di Istanbul, Turki.
Acara tersebut dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk
Turki Lalu Muhamad Iqbal, Konsul Jenderal RI Istanbul Imam As’ari, Staf Khusus
Menteri BUMN (daring) Arya Sinulingga, Koordinator PPI Dunia Faruq Ibnul Haqi juga
Duta Besar dari negara-negara sahabat.
Kementerian BUMN turut berkomitmen memajukan bisnis UMKM di
Indonesia. Arya Sinulingga mengungkapkan bahwa berbagai program terus dilakukan
oleh Kementerian BUMN, seperti Rumah BUMN yang menjadi tempat bagi UMKM untuk
berkembang, lebih kreatif, go digital dan go global dengan pendampingan dari
BUMN.
"Bukan hanya pendampingan, BUMN juga mendukung dari
sisi pembiayaan bahkan hingga pemasaran seperti yang kita lakukan di Turki.
BUMN berkomitmen membawa UMKM untuk bisa membuka market baru," ungkap
Arya.
Selain itu, Arya juga berharap acara seperti ini dapat terus
dilakukan demi mendorong UMKM Indonesia menembus pasar Internasional.
"Kami menilai potensi market di Turki sangatlah besar
bagi UMKM BUMN. Dengan kolaborasi bersama KJRI dan PPI, kami berharap
kolaborasi dapat terus dilakukan sebagai upaya dalam membantu UMKM Go
Global," jelas Arya.
Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto
mengatakan, BRI sebagai bank yang fokus di segmen UMKM perseroan tidak hanya
melakukan pemberdayaan untuk peningkatan skala usaha semata. Namun juga, bagi
UMKM yang memiliki produk layak akan diperkenalkan dengan pasar yang lebih
luas, yaitu pasar internasional salah satunya melalui Pasar Senggol Turki
tersebut.
"Pertama memang BRI memiliki program-program
pemberdayaan seperti di Rumah BUMN BRI misanya. Kemudian pendampingan seperti
program BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadikan nasabah yang berorientasi
ekspor, sehingga pemasaran tidak hanya pasar lokal di mana dia memproduksi
barangnya, tapi juga pasar yang lebih luas agar UMKM dapat Go Global,"
tekannya.
Baca juga: Promo BRImo Bikin Happy, Belanja di Sarinah Dapat Voucher hingga Rp 500 Ribu
Dalam acara Pasar Senggol Turki, BRI memperkenalkan tiga
produk UMKM binaan kepada konsumen manca negara yaitu Soloputri, Rendang Oma
Keenan dan Bebek Jawara. Sebagai sponsor, BRI pun memfasilitasi dua pelaku UMKM
untuk mengikuti bazar secara langsung di Pasar Senggol Turki 2022.