Ngabuburit Pinter Bareng Adrian Zakhary Kupas Tuntas NFT dari Nol

Ngabuburit Pinter Bareng Adrian Zakhary Kupas Tuntas NFT dari Nol

Ajeng Conny Pradestina
2022-04-18 19:35:00
Ngabuburit Pinter Bareng Adrian Zakhary Kupas Tuntas NFT dari Nol
Adrian Zakhary jadi Pembicara dalam Webinar Buddyku "Mengenal NFT dari Nol" (foto: Istimewa)

Founder Maja Labs sekaligus pegiat NFT Adrian Zakhary menjadi pembicara dalam webinar "Mengenal NFT dari Nol" bersama Buddyku. Webinar tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 18 April 2022 pukul 15.30 sampai dengan pukul 17.00 WIB. 

Dalam kesempatan ini, Adrian membagikan banyak informasi terkait dunia digital khususnya web 3.0 dan Non Fungible Token atau NFT. Acara yang dipandu oleh presenter Tommy Tjokro ini digelar secara gratis. 

Baca juga: Pembicara Bali Digi Fest 2022, Monez Sebut NFT Bukan Hanya Cuan Tapi Butuh Ilmu

Adrian yang diketahui juga merupakan kolektor NFT memberikan tips bagi pemula mengenai aspek penting yang perlu diketahui dan dipelajari sebelum terjun ke dunia NFT. 

Tentang NFT 


Secara sederhana, NFT atau Non Fungible Token meripakan token dan token adalah aset. NFT juga dapat diartikan sebagai produk investasi turunan kripto. 

Jika saat ini di Indonesia yang populer NFT adalah karya seni saja, sebenarnya NFT lebih dari itu. Adrian menjelaskan bahwa NFT itu luas tidak terbatas hanya karya seni bahkan bisa jadi properti. 

"NFT tidak terbatas hanya dengan karya seni, tapi NFT itu luas sekali. NFT bisa jadi real world asset seperti properti, pulau, game, musik, dan lain-lain" ujar Adrian. 

Memulai Terjun ke NFT 


NFT memang saat ini tengah menjadi tren di seluruh dunia. Di Indonesia, beberapa komunitas maupun pegiat NFT yang terkenal seperi Superlative Society, Raka Jana, Karafuru, Baliverse hingga Ghozali Everyday. 

Namun menurut Adrian, tren NFT dan dunia digital kedepannya tidak akan surut bahkan ini akan berlangsung lama sehingga kita perlu mempersiapkan sejak saat ini. 

Jika ingin memulai membuat NFT maka hal pertama yang dibutuhkan menurut Adrian adalah wallet, mempelajari marketplace yang sering digunakan seperti Opensea.io, MAGICEDEN.IO, dan OBJKT. 

Kemudian Adrian juga menambahkan hal lain yang tidak kalah penting adalah membangun atau bergabung dengan komunitas NFT, termasuk mengikuti aktivitas tentang NFT di media sosial twitter dan discord.

Jadi Kreator atau Kolektor


Jika telah mempelajari tentang NFT, kita dapat menentukan diri kita akan menjadi apa. √ĚDalam dunia NFT kita bisa jadi kreator sang pembuat karya. Kemudian kita bisa jadi kolektor NFT. 

Yang terakhir, kita juga bisa menjadi pelaku jual beli atau flipper saja sehingga tetap mendapat keuntungan. 

Baca juga: Bagikan Ilmu NFT Arts di Bali Digi Fest 2022, Pras Budiman: Just Do It! Ada Kemauan Pasti Ada Jalan

Tipa Terjun Jadi Kreator NFT


1. DYOR

Tips yang pertama adalah Do Your Own Research (DYOR) terutama bagi kreator yang baru. Perbanyak mempelajari dan riset tentang NFT.

2. Tentukan kamu akan memulai sendiri atau dengan tim

3. Ide & Rencana

Temukan Ide dan susun rencana pembuatan NFT apakah dengan satu orang atau tim. Jika dengan perlu ada minimal 4 orang yang akan mengurus Bisnis, Artist, Komunitas dan Developer.

4. MULAI!!!


Share :