Cerita Mistis Pantai Watu Ulo di Jember, Dipercaya Tempat Anak Naga

Cerita Mistis Pantai Watu Ulo di Jember, Dipercaya Tempat Anak Naga

Ekel Suranta Sembiring
2022-02-05 21:03:27
Cerita Mistis Pantai Watu Ulo di Jember, Dipercaya Tempat Anak Naga
Pantai Watu Ulo (foto: Instagram)

Pantai Watu Ulo yang berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur merupakan salah satu objek wisata yang patut dikunjungi. Namun dibalik keindahannya, Pantai Watu Ulo menyimpan cerita mistis yang melekat di telinga warga sekitar.

Baca Juga: Cerita Mistis Danau Kastoba di Bandung, Konon Dihuni Ratu Jin

Pantai Watu Ulo Tempat Bertapa Anak Naga


Menurut cerita yang beredar, Pantai Watu Ulo merupakan tempat bertapanya anak naga. Cerita ini pun dikait-kaitkan dengan adanya batu di pinggir pantai yang memanjang, bentuknya seperti sisik ular raksasa alias naga.

Dongeng Pantai Watu Ulo


Perlu diketahui, Watu artinya batu dan Ulo adalah ular. Jadi jika diartikan yaitu Pantai Batu Ular. Konon dahulu kala ada seorang raja bernama Aji Saka datang ke Tanah Jawa. Lalu ia mengajarkan ilmu pengetahuan dan kesaktian kepada masyarakat yang dipilihnya.

Saat Aji Saka sedang mengajarkan ilmu-ilmunya kepada masyarakat, seekor ayam tidak sengaja mendengar mantra-mantra yang sedang disebutkan sang raja tersebut.

Akibat mendengar mantra-mantra Aji Saka, ayam itu tetiba bertelur dan ukurannya sangat besar. Kemudian telur itu menetas, keluarlah seekor anak naga. Anehnya anak naga itu bisa berbicara seperti manusia.

Melihat induknya membesarkannya sendirian, anak naga itu bertanya kepada iduknya itu, siapa ayah sebenarnya. Sebab ia adalah seekor naga, sementara lahir keluar dari telur ayam.

Penduduk setempat pun mengarahkan anak naga itu kepada Aji Saka. Ketika naga itu menemui sang raja, Aji Saka mengakui bahwa naga itu terlahir akibat induk ayam mendengar mantra-mantarnya. 

Hingga suatu hari, Aji Saka memerintahkan naga itu untuk bertapa di pantai selatan. Saat bertapa naga itu sesekali bangun, dan memakan hewan apa saja yang ada di sekitarnya.

Ratusan tahun ia bertapa, hingga akhirnya tubuhnya semakin membesar dan memanjang. Sangking besarnya badan naga itu ada di Jember, kepalanya di Banyuwangi dan ekornya memanjang hingga ke Jawa Tengah.

Namun lama kelamaan tubuh naga itu dipenuhi lumut, hingga warnanya menyerupai kayu. Sampai suatu hari ada warga yang sedang mencari kayu bakar, ia pun menemukan tumpukkan kayu yang besar.

Akhirnya warga itu memotongnya. Namun anehnya saat dipotong keluar cairan seperti darah, tanpa diketahui cairan itu benar darah milik naga yang sedang bertapa tetsebut. Namun beruntungnya warga tersebut tidak terkena amuk sang naga.

Baca Juga: Cerita Mistis di Gedung Balai Kota Cirebon, Konon Dihuni Sosok Nenek dan Anak Kecil

Cerita Mistis di Pantai Watu Ulo


Menurut cerita yang beredar, Pantai Watu Ulo dipercaya dihuni sosok gaib. Mahluk tak kasat mata itu disebut-sebut sebagai penjaga Pantai Watu Ulo. Bila kamu berkunjung ke pantai ini, jangan sekali-sekali berkata kasar dan melakukan hal-hal yang tidak sopan. Pasalnya, bila dilanggar maka penjaga pantai itu bisa murka.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30