Erick Thohir dan Menteri ESDM Arifin Tasrif Sidak ke Kantor Pusat PLN, Cek Pasokan Energi

Erick Thohir dan Menteri ESDM Arifin Tasrif Sidak ke Kantor Pusat PLN, Cek Pasokan Energi

correcto
2022-01-04 17:26:39
Erick Thohir dan Menteri ESDM Arifin Tasrif Sidak ke Kantor Pusat PLN, Cek Pasokan Energi
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri ESDM Arifin Tasrif Sidak ke Kantor Pusat PLN (Foto: Berbagai Sumber)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melakukan sidak ke kantor PT PLN (Persero) pada Selasa 4 Januari 2022.

Diketahui Erick, Arifin, bersama rombongan datang sekitar pukul 15.15 WIB dan langsung masuk ke War Room untuk memonitor langsung pasokan energi.

"Ini saya menemani Pak Arifin melihat mengenai batu bara dan LNG," ujar Erick.

Baca Juga: Erick Thohir Hadiri Istigasah Doa Keselamatan Untuk Indonesia di Jatim

Lebih lanjut sidak ini dilakukan untuk menindaklanjuti imbauan pemerintah terhadap pemenuhan DMO (Domestic Market Obligation) batu bara di dalam negeri. Yang akan ditindaklanjuti dengan pelarangan ekspor batu bara sepanjang Januari 2022.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada pelaku usaha yang bergerak di bidang pertambangan, perkebunan dan sumber daya alam lainnya untuk memprioritaskan kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu, sebelum melakukan ekspor.

Hal tersebut kata Jokowi sesuai amanat dari Pasal 33 Ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945, bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

"Soal pasokan batu bara, saya perintahkan kepada Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, dan PLN segera cari solusi terbaik demi kepentingan nasional," jelas Jokowi dalam keterangan resminya yang disiarkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin 3 Januari 2022.

Baca Juga: Junjung Tinggi Nilai Keberagaman, Erick Thohir Ajak Seluruh Umat Jaga Kerukunan


Share :