Profil dan Biodara Erik Ten Hag, Pelatih Ajax yang Jadi Calon Kuat Pelatih Manchester United

Profil dan Biodara Erik Ten Hag, Pelatih Ajax yang Jadi Calon Kuat Pelatih Manchester United

Foto
Erik Ten Hag (Sumber Foto: Int).

Ole Gunnar Solskjaer dipecat Manchester United pada Minggu, (21/11/2021) pagi WIB. Untuk saat ini, Michael Carrick bakal menjadi pelatih sementara Setan Merah.

Namun saat ini sejumlah pelatih tengah didekati Manchester United untuk menggantikan Ole Gunnar Solskjaer. Salah satunya yakni nama Erik ten Hag mencuat usai Manchester United mendepak Ole Gunnar Solskjaer dari kursi pelatih. Ten Hag menjadi salah satu kandidat manajer tetap Setan Merah berikutnya.

Erik Ten Hag Calon Kuat Pelatih Manchester United


Nama pelatih Ajax, Erik ten Hag mencul setelah Manchester United memecat Ole Gunnar Solskjaer dari kursi pelatih. Ten Hag menjadi salah satu kandidat manajer tetap Setan Merah berikutnya.

Bahkan media yang berbasis di Manchester, Manchester Evening News (MEN), dalam artikel mereka pada Kamis (18/11/2021), menulis bahwa Erik ten Hag punya peluang besar melatih Man United. 

Hal itu, menurut MEN, Ten Hag punya banyak pengagum di kalangan pendukung Manchester United. Hal ini membuat juru taktik berusia 51 tahun tersebut menjadi salah satu sosok yang difavoritkan untuk mengisi kursi pelatih Setan Merah.

Penasaran dengan fakta Erik ten Hag? Berikut Correcto.id rangkumkan profil dan biodata Erik ten Hag.

Profil Erik ten Hag


Sebelum menjadi pelatih, Erik Ten Hag tercatat pernah bermain di sejumlah klub, memulai bersama FC Twente dan mangakhirinya dengan klub yang sama pada usia 32 tahun.

Erik Ten Hag menyadari dia punya kemampuan lain selain sebagai pesepak bola, dia mulai menjadi pelatih muda di Twente pada jenjang usia 17 dan U-19. Setelah lebih dari tujuh tahun, Erik Ten Hag membangun FC Twente, dari jenjang usia di akademi hingga menjabat sebagai asisten peltih tim utama.

Kemudian dia menjabar sebagai asisten 3 pelatih berbeda, termasuk Steve McClaren di tahun pertamanya bersama PSV pada musim 2008/2009. Twente yang dibangun oleh Erik Ten Hag dan Steve McClaren keluar sebagai runner-up di Eradivisie satu musim berselang, dan ia meninggalkan klub pada saat itu.

Setelah menjalani tiga tahun sebagai asisten pelatih di PSV, Erik Ten Hag mengambil kesempatan pertamanya untuk menjadi tim pelatih senior klub lapis kedua Belanda, Go Ahead Eagles musim 2012/2013.

Bersama Go Ahead Eagles, nama Erik Ten Hag mulai jadi perbincangan, dia berhasil membawa klub tersebut finis di peringkat enam pada klasemen akhir musim.

Menariknya, Erik Ten Hag berhasil membawa Go Ahead Eagles promosi ke Eradivisie untuk pertama kalinya setelah absen dua dekade melalui jalur play-off. Penyerang Ajax saat ini, Quincy Promes adalah satu di antara pemain muda yang sukses bersama Erik Ten Hag di Go Ahead Eagles.

Degan kemampuannya mengolah talenta muda untuk membimbing mereka ke puncak kesuksesan membuat Bayern kepincut. Bayern Munchen kala itu (2013) tengah merombak susunan kepelatihan mereka dengan mengangkat Pep Guardiola sebagai kepala pelatih tim utama.

Saat itu, Erik Ten hag diangkat sebagai pelatih Bayern II yang bermain di Regionaliga Bayern, kasta keempat sepak bola Jerman. Dua tahun bersama Bayern II, Ten Hag membawa mereka ke tempat pertama di Regionaliga Bayern tetapi kalah dalam play-off promosi sebelum finis di peringkat kedua pada musim berikutnya.

Pada masa itulah, Erik Ten hag mendapat kesempatan untuk mempelajari gaya kepelatihan dan permainan Pep Guardiola. Hal itu juga yang membuat Ajax saat ini adalah tim dengan wujud tim yang mengandalkan kolektivitas tim dalam penguasaan bola, passing, dan pressing yang agresif, serta kiper yang nyaman dengan menguasai bola.

Kemudian pada tahun 2015, Erik Ten Hag kembali ke tanah kelahirannya di Belanda. Kini ia menjadi pelatih kepala Utrecht yang berhasil mengantarkan ke peringkat empat di akhir musim untuk mendapatkan tiket Liga Eropa.

Atas etos kerja dan pencapaian ini membuat raksasa Belanda Ajax tertarik untuk mendatangkannya pada 2017 setelah pemecatan Michael Reiziger.

Tak butuh waktu lama bagi Erik Ten Hag untuk mengolah talenta lokal yang dimiliki Ajax hingga pada musim 2018/2019 hampir menembus final Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 1996.

Pada usia 49 tahun (2019), Erik Ten Hag memasuki masa kejayaannya sebagai seorang pelatih yang diberikan ruang dan waktu untuk membangun tim muda paling mengesankan di Eropa dengan filosofi permainan yang jelas bersma Ajax.

Biodata Erik ten Hag


Nama lengkap:

Erik Ten Hag
Tempat/Tanggal Lahir: 

Haaksbergen, Belanda 2 Februari 1970

Usia: 
51 tahun

Karier sebagai pemain:

Twente FC (1989-1990)

De Graafschap (1990-1992)

Twente FC (1992-1994)

RKC Waalwijk (1994-1995)

FC Utrecht (1995-1996)

Twente (1996-2002)

Karier sebagai manajer:

FC Twente – Asisten Manajer (2002-2009)

PSV Eindhoven – Asisten Manajer (2009-2012)

Go Ahead Eagles – Manajer (2012-2013)

FC Bayern II – Manajer (2013-2015)

FC Utrecht – Manajer (2015-2017)

Ajax – Manajer (2017-2023).