Profil dan Biodata Zinedine Zidane Lengkap Agama, Calon Terkuat Pelatih Manchester United Gantikan Solskjaer

Profil dan Biodata Zinedine Zidane Lengkap Agama, Calon Terkuat Pelatih Manchester United Gantikan Solskjaer

Foto
Profil dan Biodata Zinedine Zidane calon kuat sebagai pelatih Manchester United pengganti Solskjaer. (Sumber: Int)


Nasib Ole Gunnar Solskjaer terus menjadi bahan spekulasi menyusul tampilan mengecewakan Manchester United dalam beberapa pekan terakhir. Beberapa nama disebut-sebut sebagai calon pengganti Solskjaer, satu di antaranya mantan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. 

Sosok Zinedine Zidane kencang dikabarkan akan menjadi pelatih Manchester United selanjutnya menggantikan posisi Ole Gunnar Solskjaer. Bahkan, menurut laporan Pundit Arena, Zinedine Zidane tertarik menangani Manchester United.

Penasaran dengan sosoknya? Berikut ini Correcto.id coba untuk sajikan untuk kamu profil dan biodata lengkap Zinedine Zidane, calon terkuat pelatih Manchester United gantikan Solskjaer.

Baca Juga: Biografi dan Profil Gianluigi Donnarumma Pemain Terbaik di Euro 2020

Profil Zinedine Zidane

Perjalanan karier


Zidane dilahirkan di Marseille dan dibesarkan di La Castellane. Walaupun lahir di Marseille, Zizou belum pernah bermain untuk Olympique de Marseille. Orang tua Zidane beragama Muslim, dan mereka berimigrasi dari Aljazair ke Perancis pada tahun 1954.

Karier Zidane dimulai pada usia 14 tahun, anak dari imigran Aljazair ini terlihat oleh seorang pencari bakat bernama Jean Varraud dan kemudian ditawari tempat di Akademi AS Cannes. Aslinya ia hanya mendapatkan kesempatan bertahan di Cannes selama enam pekan saja, sebelum akhirnya bakat bagusnya membuat Zidane mampu mengamankan kontrak pertamanya selama empat musim. 

Zidane kemudian bermain di level professional pertama pada usia 17 tahun di tahun 1991. Ia kemudian mencetak gol pertamanya pada tanggal 8 Februari 1991, yang kemudian membuatnya mendapatkan hadiah mobil dari presiden klub. Zidane kemudian berhasil mengantar Cannes masuk kompetisi Piala UEFA di akhir musim 1991-92.

Zidane kemudian ditransfer ke Girondins de Bordeaux pada musim 1992-93, dan kemudian mengantar klub tersebut menjuarai Piala Intertoto musim 1995 dan runner-up Piala UEFA musim 1995-96. Rekannya di Bordeaux adalah Bixente Lizarazu dan Christophe Dugarry, yang kemudian kelak akan menjadi trio kuat di timnas Perancis pada Piala Dunia 1998. Pada musim 1995, pelatih Blackburn Rovers Ray Harford sempat menawarkan kontrak pada Zidane dan Dugarry, namun Zidane menolak tawaran dari klub Inggris tersebut.

Pada tahun 2001 Zizou ditransfer dari klub Italia, Juventus F.C. ke Real Madrid dengan kontrak selama 4 tahun. Biaya transfer sebesar €66 juta, membuat ia menjadi pemain sepak bola dengan transfer termahal di dunia. Ia mencetak gol kemenangan 2-1 melawan klub Jerman, Bayer Leverkusen pada 2001-2002 Final Champions League di Glasgow di Hampden Park.

Tahun berikutnya di Piala Dunia 2002 ia hanya tampil sekali membela Perancis karena didera cedera. Dalam turnamen tersebut, Perancis tidak berhasil mencetak satu golpun dan terpuruk di dasar grup pada babak pertama sehingga gagal lolos ke babak berikutnya.

Tahun 2004 setelah Piala Eropa 2004 berakhir, Zidane pensiun dari sepak bola internasional, namun saat Perancis mengalami kesulitan untuk meloloskan diri ke Piala Dunia 2006, Zidane mengumumkan pada Agustus 2005 bahwa ia akan kembali bermain di tim nasional. Perancis akhirnya lolos, tetapi Zidane yang baru melalui musim yang dipenuhi cedera di Madrid, memutuskan bahwa ia akan mundur setelah Piala Dunia tersebut berakhir.

Pada tanggal 25 April 2006, Zizou secara resmi mengumumkan keputusannya untuk mundur dari klub dan tim nasional sepak bola Perancis setelah Piala Dunia 2006.

Pada tanggal 7 Mei 2006 Zizou memainkan pertandingan terakhir sebagai tuan rumah untuk Real Madrid di Stadion Santiago Bernabéu. Pemain Real Madrid memakai baju kaos khusus yang bertanda "ZIDANE 2001 - 2006" tertulis di bawah logo klub. 

Seperti yang dapat diduga, pendukung Real Madrid memberikan dia sambutan yang hangat dan mendukung Zizou sepanjang pertandingan. Pertandingan ini melawan Villarreal CF dan, sayangnya untuk Zizou, hasil terbaik yang diperoleh Real Madrid adalah seri 3-3. Zizou mencetak gol kedua untuk Real Madrid tanpa perayaan besar-besaran. Zizou menukar baju kaosnya dengan Juan Roman Riquelme, pemain Villarreal CF dan gelandang Argentina. Pada akhir pertandingan, pendukung Real Madrid mengucapkan selamat jalan untuk Zizou dengan memberi ia tepuk tangan panjang, yang membuatnya menitikkan air mata.

Menjadi Pemain Terbaik 


Zinedine Zidane, d pernah tiga kali terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia (1998, 2000, 2003) dan sekali menjadi Pemain Terbaik Eropa (1998), serta sebagai Pemain Terbaik Piala Dunia (2006).

Baca Juga: Biografi dan Profil Lengkap Cristiano Ronaldo, Top Skor Piala Euro 2020

Pelatih Peraih Tiga Titel Juara Liga Champions


Zinedine Zidane sebagai juru taktik Real Madrid membuahkan catatan bersejarah yang terbilang mengagumkan. Dalam dua tahun pertama awal kariernya di kursi kepelatihan klub anggota kompetisi teratas Liga Spanyol tersebut, Zinedine Zidane mempersembahkan tiga titel juara Liga Champions. 

Capaian tersebut menjadikan Zinedine Zidane menjadi pelatih perdana sepanjang sejarah kompetisi yang mampu meraihnya secara berurutan yakni pada musim 2015-2016, 2016-2017, dan 2017-2018.

Adapun catatan tersebut menjadi luar biasa mengingat hanya ada dua pelatih yang mampu mengantarkan timnya meraih tiga trofi Liga Champions sebelum Zidane, yakni Bob Paisley dan Carlo Ancelotti.

Pelatih Terbaik Dunia


Zinedine Zidane terpilih sebagai pelatih terbaik dunia. Juergen Klopp dan Pep Guardiola melengkapi tiga besar, namun tidak ada nama Jose Mourinho dalam daftar. Peringkat pelatih terbaik dunia itu dikeluarkan oleh koran bergengsi Prancis, L'Equipe. 

Baca Juga: Biografi dan Profil Lengkap Leonardo Bonucci, Pemain Tertua Pencetak Gol di Final Piala Euro 2020

Biodata Zinedine Zidane

Nama Lengkap:
Zinedine Yazid Zidane
Nama Punggung:

 Zidane
Tempat/Tanggal Lahir:
 Marseille, Perancis 23 Juni 1972
Agama:
 Islam
Orang Tua:

Smail Zidane (Ayah)

Malika Zidane (Ibu)

Saudara:

Farid Zidane

Lila Zidane

Nourredine Zidane

Madjid Zidane

Istri :

 Véronique Zidane
Anak : 

Luca Zidane

Enzo Fernández

Elyaz Zidane Fernández,

Théo Zidane