Ini Video Detik-detik Mahasiswa BEM SI Demo di KPK, Terjadi Aksi Saling Dorong hingga Ricuh dengan Polisi

Ini Video Detik-detik Mahasiswa BEM SI Demo di KPK, Terjadi Aksi Saling Dorong hingga Ricuh dengan Polisi

Foto
Detik-detik mahasiswa BEM SI yang demo di KPK ricuh dengan polisi (Foto: Twitter)

Berikut ini video detik-detik kelompok mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) lakukan aksi demo di KPK. Demo diwarnai aksi saling dorong dan ricuh dengan polisi. 

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bersama Gerakan Selamatkan KPK (GASAK) gelar aksi demo di KPK pada Senin 27 September 2021. Demo digelar sebagai aksi protes atas dipecatnya 56 pegawai yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK).

Baca juga: Heboh, Gedung KPK Ditembak Laser “Berani Jujur Pecat”  

Video Kedatangan BEM SI


Kelompok massa mahasiswa dari BEM SI sat datang ke Jakarta menuju gedung KPK untuk melakukan unjuk rasa. Terlihat dalam video para mahasiswa membawa berbagai atribut aksi mulai dari bendera hingga nyanyikan yel-yel penyemangat. 

Longmarch ke Gedung KPK



Video detik-detik aksi demo BEM SI di gedung KPK tersebar di berbagai lini masa sosial media. Dari hasil penelusuran correcto.id para mahasiswa sempat melakukan aksi long march menuju gedung KPK dari kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Terlihat ratusan mahasiswa dengan berbagai jas almamater yang dikenakan berjalan menuju Gedung Merah Putih KPK.  

Ricuh Saling Dorong dengan Polisi 

Aksi demo BEM SI sempat ricuh, ratusan bahkan ribuan mahasiswa sempat saling dorong dengan polisi. Mahasiswa memaksa menerobos mendekati Gedung Merah Putih KPK yang terletak di Jalan Kuningan, Jakarta Selatan. 


Namun para mahasiswa dilarang masuk kawasan tersebut. Polisi membuat barikade, menjaga agar massa tidak bisa mendekati Gedung Merah putih. Akibatnya terjadi aksi saling dorong dan sempat terjadi gesekan antara aparat kepolisian di barisan barikade dengan mahasiswa yang berusaha menerobos.

Baca juga: Profil dan Biodata Nofrian Fadil Akbar, Koordinator Pusat BEM SI yang Demo di Depan KPK    

Tuntutan Aksi Demo BEM SI


Adapun beberapa tuntutan yang disuarakan oleh BEM SI adalah memprotes atas pemecatan 56 pegawai yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK), dan beberapa tuntunan lain sebagai berikut: 

1. Mendesak Ketua KPK untuk mencabut SK 652 dan SK Pimpinan KPK tentang pemberhentian 57 pegawai KPK yang dikeluarkan pada tanggal 13 September yang disebabkan oleh TWK yang cacat formil secara substansi mengandung rasisme, terindikasi pelecehan, dan mengganggu hak privasi dalam beragama.

2. Mendesak Presiden untuk bertanggung jawab dalam kasus upaya pelemahan KPK dengan mengangkat 57 pegawai KPK menjadi ASN.

3. Menuntut Ketua KPK Firli Bahuri untuk mundur dari jabatannya karena telah gagal menjaga integritas dan marwah KPK dalam pemberantasan korupsi.

4. Mendesak KPK agar menjaga marwah dan semangat pemberantasan korupsi.

5. Menuntut KPK agar segera menyelesaikan permasalahan korupsi seperti kasus bansos, BLBI, benih lobster, suap ditjen pajak, kasus suap KPU Harun Masiki, dsb.