Mengenal Sosok Rozy, Influencer Virtual Cantik dari Korea Selatan, Terbuat dari AI

Mengenal Sosok Rozy, Influencer Virtual Cantik dari Korea Selatan, Terbuat dari AI

Foto
Rozy Influencer Cantik yang Terbuat dari AI (Foto: Instagram @rozy.gram)

Sosok influencer perempuan cantik dari Korea Selatan yang saat ini lagi viral di Instagram, ternyata bukanlah manusia asli. Influencer itu merupakan robot Artifical Intelligence (AI) yang bernama Rozy. 

Rozy saat ini popular sebagai influencer AI virtual yang berusia 22 tahun yang sukses menghebohkan media sosial, khususnya Korea. 

Dengan kemajuan teknologi, influencer tidak selalu manusia sungguhan, tetapi bisa digantikan oleh Artifical Intelligence (AI) dan model virtual. Kehadiran AI kini menjadi tren baru. 

Baca juga: Robot Sex Mirip Manusia Selama Pandemi Corona Laku Keras, Bisa Mendesah dan Ngobrol Lho!

Alasan diciptakan model influencer virtual


Seperti yang dibagikan Allkpop, Baek Seungyeop, CEO Sidus Studio X yang menciptakan manusia virtual Rozy, AI yang sedang naik daun di industri periklanan Korea Selatan.

“Saat ini, artis terkadang mundur dari drama karena dibullying di sekolah, adanya skandal, kekerasan atau kontroversi intimidasi. Namun, kalau manusia virtual tidak memiliki skandal kekerasan atau kontroversi intimidasi yang perlu dikhawatirkan,” ucap CEO Sidus Studio X. 

Rozy pun diciptakan dengan menggabungkan penampilan yang paling disukai oleh para milenial, dengan hampir 800 ekspresi wajah dan Gerakan yang diekstraksi dari seorang aktor melalui teknologi pemodelan 3D.

Selain itu Rozy merupakan influencer AI atau  manusia virtual yang dibuat Sidus Studio X, Agustus tahun lalu. Usianya akan selamanya 22 tahun dan telah aktif secara online sebagai model virtual sejak Desember 2020.

Rozy mendapatkan kontrak iklan dan sponsor


Baek Seung Yeop menyatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan lebih dari 100 sponsor saat ini berkat adanya Rozy.

“Kami telah mengiklankan dua minggu sekali ini saja dan sekarang kami memiliki delapan kontrak eksklusif. Dia telah mendapatkan lebih dari 100 sponsor sekarang, tetapi kami belum dapat memprosesnya,” ucap Baek Seung Yeop.

“Kami telah mencapai laba tujuan kami sekarang dan saya piker Rozy akan dapat menghasilkan lebih dari 1 miliar won (sekitar lebih dari Rp. 12 M) pada akhir tahun ini,” lanjutnya.

Baca juga: Wow! Ditengah Pandemi Covid-19, Jepang Luncurkan Robot Canggih Buat Belanja Jarak Jauh

Berencana memperluas ruang lingkup Rozy


Baek juga membagikan rencana masa depan Rozy. Manusia virtual bukan hanya pengganti potensial untuk influencer saja, tapi Baek menjelaskan bahwa perusahaannya berencana memperluas ruang lingkup kegiatan Rozy, termasuk beralih ke film, drama dan acara hiburan. 

Tidak terbatas ruang dan waktu


Seung Yeop juga menyebutkan bahwa popularitas influencer virtual yang terbuat dari AI itu bisa terhindar dari skandal privasi. 

Kemudian, tidak terbatas oleh ruang dan waktu karena lokasi dan pemandangan yang terdapat di dalam foto dapat dibuat melalui grafik komputer. 

Selain itu, manusia virtual masa aktifnya bisa untuk jangka waktu yang lama bahkan selamanya, karena manusia virtual tidak sakit atau pun menjadi tua.