Ini Potret Masjid Istiqlal dengan Lampu Warna-warni, Netizen Sebut Mirip Diskotik

Ini Potret Masjid Istiqlal dengan Lampu Warna-warni, Netizen Sebut Mirip Diskotik

Foto
Potret Masjid Istiqlal

Berikut ini potret Masjid Istiqlal dengan lampu warna-warni yang viral di media sosial. Video lampu warna-warni Masjid Istiqlal yang tersebut disebut netizen mirip seperti suasana diskotik. 

Trending di Twitter video potret Masjid Istiqlal dengan lampu warna-warni. Lampu tersebut terpasang di langit-langit masjid dengan sangat terang dan membuat ruang tengah masjid jadi penuh warna. 

Baca juga: Masjid Istiqlal Akan Dibuka Kembali, Jokowi Titip Ini 

Potret Masjid Istiqlal dengan Lampu Warna-warni

Terlihat dalam video tersebut ribuan lampu terpasang di atap langit-langit Masjid Istiqlal. Lampu tersebut terlihat menyala dengan warna-warna yang berbeda-beda, mulai dari merah biru, hijau hingga kuning. Lampu terlihat menyala secara bergantian dengan sangat cantik. 

Netizen Sebut Jadi Mirip Diskotik

Terpasangnya lampu warna-warni di Masjid Istiqlal memang memberi kesan yang berbeda dari sebelumnya. Ribuan lampu warna-warni yang terpasang di bagian tengah utama masjid ternyata menuai kritik dari netizen di media sosial. Sebuah video yang memperlihatkan kondisi Masjid Istiqlal yang penuh lampu warna-warni tersebut disebut netizen masjid jadi mirip seperti diskotik. 

"Bener tu bib... kesel gua itu masjid dibikin kayak gitu... jd hilang sakralnya... kayak discotique gue liat... maksudnya apa nih dibikin kayak gitu... ," tulis salah satu netizen dengan nada kesal di kolom komentar unggahan video. 

Renovasi Masjid dengan Teknologi Lampu Smart Lighting 


Setelah coba ditelusuri ternyata perubahan suasana lampu bagian tengah utama Masjid Istiqlal dilakukan saat renovasi masjid yang belum lama diresmikan Presiden Jokowi. Disebutkan bahwa lampu yang dipasang adalah smart lighting yang dikendalikan dengan aplikasi Pharos. 

Baca juga: Imam Masjid Istiqlal Prof. Nasaruddin Umar: Mencari Sahabat Spiritual

Dipasang untuk Penyesuaian Warna

Setelah menuai banyak protes dari beberapa netizen, ada juga beberapa pihak yang memberi penjelasan bahwa lampu warna-warni yang dipasang adalah untuk penyesuaian warna cahaya dalam ruangan dengan cahaya di luar agar tampak lebih lebih cantik alami. 

"Lah masjid diperbagus malah protes? Itu udh dijelasin kalo settingan lampu yg warna warni ala² distotic gk bakal dipake, dipasang lampu RGB buat nyesuain warna didalem mesjid sama cahaya diluar, ky gini," tulis seorang netizen.