Resep dan Cara Lengkap Membuat Gudeg Jogjga, Makanan Kesukaan Menteri Keuangan Sri Mulyani

Resep dan Cara Lengkap Membuat Gudeg Jogjga, Makanan Kesukaan Menteri Keuangan Sri Mulyani

Foto
Menteri Keuangan Seri Mulyani kerap membagikan momen kulinerannya di media sosial. Dari sana diketahui bahwa ia penyuka sajian tradisional seperti gudeg. (Sumber: Int)


Menteri Keuangan Seri Mulyani kerap membagikan momen kulinerannya di media sosial. Dari sana diketahui bahwa ia penyuka sajian tradisional seperti gudeg hingga nasi pecel.

Sebab Gudeg Yu Djum Pusat, Yogyakarta jadi menu sarapan pilihan wanita berusia 56 tahun itu pada 15 Februari lalu. Warung gudeg itu memang amat populer. Di sana ia melihat langsung proses pembuatan gudeg dan lauk pauk yang masih diolah menggunakan metode tradisional.

Bagi kamu yang mempunyai makanan seperti Sri Mulayani, kamu boleh membuatnya di rumah. Berikut ini resepnya.

Gudeg yang dibuat dari nangka muda merupakan makanan ikonik Jogjakarta. Dimasak dengan bumbu dan santan hingga warnanya kecokelatan dan manis gurih rasanya.

Membuat gudeg sendiri tak sesulit yang dibayangkan. Asalkan memakai nangka muda yang bagus kualitasnya dan bumbu komplet, gudeg enak bisa kamu dapatkan. Bisa dibuat versi kering atau mau yang sedikit berkuah. Satu lagi resep rahasianya adalah kesabaran.


Bahan - Bahan:

300 gram nangka muda

1 ekor ayam kampung, potong 10 bagian

5 buah tahu

100 gram krecek

500 ml santan kental

1700 ml santan cair

500 gram gula kelapa

3 ruas lengkuas, bagi 5 bagian dan memarkan

3 buah cabai rawit

10 lembar daun salam

Bumbu halus:

40 butir bawang merah

20 siung bawang putih

6 sendok makan ketumbar

Garam secukupnya


Bumbu sambal krecek:

40 buah bawang merah

20 siung bawang putih

5 buah cabai merah

Cara membuat:

1. Bagi bumbu halus menjadi 4 bagian.

2. Mulai masak gudeg, kupas nangka muda dan cincang kasar.

3. Masak cincangan nangka muda dengan 1 bagian bumbu halus, 2 lembar daun salam, 1 bagian lengkuas, 200 gram gula kelapa, dan 800 ml santan cair. Aduk sesekali supaya nangka tidak hancur.

4. Masak potongan ayam dengan 1 bagian bumbu halus, 2 lembar daun salam, 1 bagian lengkuas, 100 gram gula kelapa, serta 350 ml santan cair. Masak hingga matang.

5. Masak tahu dengan 1 bagian bumbu halus, 2 lembar daun salam, 1 bagian lengkuas, 100 gram gula kelapa, dan 250 ml santan cair. Masak hingga matang.

6. Masak areh dengan santan kental, 1 bagian bumbu halus, 2 lembar daun salam, 1 bagian lengkuas, serta 100 gram gula kelapa. masak dengan api kecil sambil diaduk hingga mengental.

7. Selanjutnya mulai masak sambal krecek. Haluskan bumbu sambal krecek, masak bersama krecek, 2 lembar daun salam, 1 bagian lengkuas, garam secukupnya, dan 200 ml santan cair. Aduk rata.

8. Masukkan cabai rawit sesaat sebelum diangkat. Aduk lagi sambal krecek, lalu angkat dan sajikan.

9. Sajikan gudeg, ayam, tahu, areh, dan sambal krecek dengan nasi putih hangat