Profil dan Biodata Lengkap Umur Yusra Mardani, Atlet Renang Olimpiade Tokyo 2020, Merupakan Korban Perang Suriah yang Menginspirasi

Profil dan Biodata Lengkap Umur Yusra Mardani, Atlet Renang Olimpiade Tokyo 2020, Merupakan Korban Perang Suriah yang Menginspirasi

Foto
Yusra Mardani merupakan salah satu atlet renang di Olimpiade Tokyo 2020 sekaligus korban perang Suriah yang sangat menginspirasi banyak orang. Foto: Instagram/yusramardini

Yusra Mardani merupakan salah satu atlet renang di Olimpiade Tokyo 2020 sekaligus korban perang Suriah yang sangat menginspirasi banyak orang. Berikut profil dan biodatanya.

Atlet renang yang beragama Islam ini, mewakili IOC Refugee Olympic Team atau pengungsi ini, merupakan seorang pengungsi Suriah yang tinggal di Berlin, Jerman.

Berjuang sejak 2011


Yusra, begitu sapaan Yusra Mardani telah berjuang sejak tahun 2011 untuk bisa kabur dari konflik yang berada di Suriah, jauh sebelum Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung.

Baca Juga:  Profil dan Biodata Yui Ohashi, Atlet Renang Asal Jepang Peraih 2 Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020, Sempat Alami Gangguan Mental

Berhasil kabur tahun 2015


Perempuan yang lahir 5 Maret 1998, pernah berlatih di kolam renang dengan atap yang bolong karena bom. Tepat tahun 2015, bersama kakaknya Sarah, Yusra berhasil kabur dan menjadi korban perang Suriah lewat jalur laut.

Renang di Laut Mediterania


Setelah berhasil kabur melewati jalur laut dengan menumpang sebuah kapal yang harusnya ditumpangi oleh 6 orang, atlet renang yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 bersama Sara dan 18 penumpang lainnya, pergi ke Pulau Lesbos, Yunani. 

Sayangnya, kapal tersebut mengalami mati mesin di Laut Mediterania. Akhirnya, perempuan yang berusia 23 tahun itu harus berenang selama 3,5 jam bersama Sara.

Setibanya di Yunani, kakak beradik korban perang Suriah itu harus berjalan beberapa hari menuju pengungsian di Berlin, Jerman.

Paling berpengaruh


Akibat cerita hidupnya sebagai korban perang Suria, atlet renang di Olimpiade Tokyo yang lahir 5 Maret 1998 di Kota Damaskus, Suriah tersebut, dianggap sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh dan menginspirasi banyak orang.

Baca Juga:  Profil dan Biodata Lengkap Ranomi Kromowidjojo, Atlet Renang Belanda Keturunan Jawa yang Berprestasi

Most Influential Teens


Bahkan, pada majalah Time pada tahun 2016, menganugrahkan Yusra Mardani sebagai Most Influential Teens atau remaja paling berpengaruh di dunia.

Prestasi Yusra Mardani


Meskipun harus melalui perjalanan yang sangat panjang, Yusra Mardani memiliki prestasi yang sangat baik sebagai seorang atlet renang. Tahun 2016 lolos ke Olimpiade Rio 2016 dan kini Olimpiade Tokyo 2020.

Sayangnya, pemilik berat badan 53 kg ini harus terhenti langkahnya di babak penyisihan di nomor 300 meter gaya kupu-kupu.

Biodata Yusra Mardani


Nama Lengkap: 

Yusra Mardani

Nama Panggilan: 

Yusra

Tempat dan Tanggal Lahir: 

Damaskus, 5 Maret 1998

Usia: 

23 Tahun

Negara Asal: 

Suriah
Profesi: 
Atlet Renang