Biografi dan Profil Lengkap Umur Nurul Akmal, Atlet Angkat Besi Asal Aceh yang Mengukir Sejarah Baru

Biografi dan Profil Lengkap Umur Nurul Akmal, Atlet Angkat Besi Asal Aceh yang Mengukir Sejarah Baru

Ahmad Diponegoro
2021-08-01 10:42:46
Biografi dan Profil Lengkap Umur Nurul Akmal, Atlet Angkat Besi Asal Aceh yang Mengukir Sejarah Baru
Nurul Akmal merupakan atlet angkat besi asal Aceh yang berhasil mengukir sejarah baru saat acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. Foto: Twitter

Nurul Akmal merupakan atlet angkat besi asal Aceh yang berhasil mengukir sejarah baru saat acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, dengan membawa bendera Merah Putih. Berikut biografi dan profilnya.

Lifter perempuan Indonesia ini, lagi pada 12 Februari 1993 dan beragama Islam, akan bertanding di kelas +87 kg pada 2 Agustus 2021.

Ukir sejarah baru

Altet angkat besi yang berusia 28 tahun ini telah mengukir sejarah baru, selain membawa bendera Merah Putih saat upacara pembukaan Olimpiade 2020, juga merupakan atlet putri Indonesia pertama yang lolos di kelas berat. Sebelumnya, Indonesia sendiri hanya mengirimkan altet putri angkat besi kelas ringan.

Baca Juga:  Profil dan Biodata Lengkap Rahmat Erwin Abdullah, Peraih Medali Ketiga Cabor Angkat Besi di Olimpiade Tokyo 2020

Berasal dari Aceh


Sejarah selanjutnya yang berhasil diukir oleh alumnus SMAN 9 Tunas Bangsa, Banda Aceh itu, merupakan atlet besi untuk Olimpiade Tokyo 2020 pertama asal Aceh setelah absen selama 33 tahun. Yakni, pada Olimpiade Seoul 1988.

Tertarik dengan angkat besi


Nurul Akmal yang akan berjuang dalam kelas +87 kg pada Senin 2 Agustus 2021 ini, mulai tertarik dengan angkat besi saat berkuliah di Universitas Abulyatama di Banda Aceh. 

Saat itu, Amel sapaan Nurul Akmal ini, berkuliah sambil latihan untuk menjadi yang terbaik. Meski harus melewati banyak tantangan untuk menggeluti olahraga yang bisanya digemari oleh laki-laki.

Permasalahan hijab


Meskipun mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat Indonesia karena menjadi atlet angkat besi atau lifter perempuan di kelas +87 kg, namun tetap dibully oleh netizen karena hijab. Terurama yang berasal dari Aceh.

Baca Juga:  Terungkap, Windy Chantika Ternyata Anak Atlet Angkat Besi Siti Aisyah, Raih Medali Kejuaraan Dunia 1987

Diketahui, Nurul Akmal merupakan perempuan asal Aceh yang berhijab dalam kesehariannya. Sayangnya, saat latihan untuk persiapan di Olimpiade Tokyo 2020, hijab tersebut harus ditanggalkan.

Dengan tegas, perempuan yang akrab disapa Amel itu mengatakan, dalam kehidupan sehari-hari menggunakan hijab dan memilih menerima semua kritikan para netizen.

Profil Nurul Akmal


Nama Lengkap:


 Nurul Akmal

Nama Panggilan: 

Nurul, Amel

Tangga Lahir: 

12 Februari 1993

Usia: 

28 Tahun

Akun Instagram:

 @nurulakmal_12

Prestasi: 


1 Medali Emas dan pemecah Rekornas PON Jabar 2016.

1 Medali Perak di Baku, Azarbaijan Islamic Soladarity Games 2017.

Universiade di Taipei 2017 peringkat 5.

Medali Emas dan The Best Lifters Kejurnas 2017 di Riau, Pekanbaru.

Test event Asian games 2018 di Jakarta 1 Medali Emas.

Asian games 2018 Jakarta Palembang peringkat 6.

Kejuaraan dunia di Asgabat, Turkmenistan peringkat 13 dunia.

Pora Jantho 2018 2 Medali Emas.

Kejurnas Bandung 2018 3 Medali Emas.

Kejuaraan Thailand Champions 2019 1 Medali Perunggu.

Kejurnas 2019 di Bandung menuju Pon Papua 3 Medali Emas.




Share :