Biografi dan Profil Lengkap Agama Kento Momota, Pebulutangkis Ranking 1 Dunia Kalah dari Wakil Korea Selatan

Biografi dan Profil Lengkap Agama Kento Momota, Pebulutangkis Ranking 1 Dunia Kalah dari Wakil Korea Selatan

Alpandi Pinem
2021-07-28 21:34:30
Biografi dan Profil Lengkap Agama Kento Momota, Pebulutangkis Ranking 1 Dunia Kalah dari Wakil Korea Selatan
Kento Momota (Sumber Foto: BWF).


Pebulutangkis tunggal putra nomor satu dunia Kento Momota secara mengejutkan tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020 setelah kalah dari pemain wakil Korea Selatan Heo Kwang-hee dalam dua gim langsung 15-21 dan 19-21.

Berkat kekelahan tersebut, Momota harus tersingkir dari ajang Olimpiade yang digelar di tanah airnya sendiri. Dia hanya finis di peringkat kedua klasemen Grup A.

Hasil ini jelas membuat publik Jepang terkejut sebab Kento Momota adalah salah satu pemain Negeri Sakura terkuat yang dijagokan meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Berikut Inilah Biografi dari Kento Momota.


Kento Momota saat ini menjadi pebulutangkis tunggal putra nomor satu dunia setelah era kejayaan Taufik Hidayat, Lee Chong Wei, juga Lin Dan. Atlet Jepang 25 tahun ini telah mengoleksi bermacam gelar bergengsi di kancah badminton, termasuk 2 kali Kejuaraan Asia, 2 kali gelar Juara Dunia.

Baca Juga: Profil dan Fakta Lengkap Momiji Nishiya, Atlet Skateboard Peraih Medali Emas Termuda Olimpiade Tokyo 2020

Pemain kelahiran Kanagawa, Jepang, tanggal 1 September 1994 ini pernah gagal ke Olimpade akibat skandal judi, lantas bangkit sebagai juara dunia, dan yang terbaru menjadi salah satu korban kecelakaan lalu lintas di Malaysia.

Pemain yang bermain menggunakan tangan kiri ini sudah mengasah diri sejak kecil saat dudu di bangku kelas dua sekolah dasar. Dia berhasil memenangkan gelar pertama dalam turnamen yang cukup bergengsi di Jepang, Kejuaraan Sekolah Dasar All Japan. Kemudian saat berada di kelas 6, Kento Momota keluar sebagai juara nomor tunggal putra.

Setelah sekolah dasar, Momota melanjutkan studi di SMP di Prefektur Fukuoka. Pada tahun ketiga, Momota kembali memenangkan turnamen serupa tetapi di tingkat junior, Kejuaraan Sekolah Menengah Tingkat SMP Seluruh Jepang.

Bakat Kento Momota terlihat jelas saat mengikuti Kejuaraan Dunia Junior tahun 2011 di Taiwan, meski gagal menjadi juara, prestasinya adalah pembuka untuk penghargaan Momota berikutnya.

Baca Juga: Sosok dan Fakta Lengkap Saikhom Mirabai Chanu, Lifter Asal India yang Dapat Pizza Gratis Selamanya, Usai Sumbangkan Medali Olimpade Tokyo 2020

Saat itu, Momota harus berlapang dada setelah kalah di semifinal dari junior Malaysia Zulfadli Zulkiffli yang keluar sebagai Juara Dunia Junior 2011. Pada 2011, Momota mulai bersaing dengan seniornya di Kejuaraan Bulu Tangkis Seluruh Jepang atau Kejuaraan Nasional Jepang 2011.


Meskipun kalah di final dengan Kenichi Tago, Kento Momota dihargai oleh Nippon Badminton Association (NBA) dan membuatnya masuk ke tim nasional. Kemudian pada tahun 2014, Momota memenangkan semua pertandingan di ajang Piala Thomas 2014 sekaligus membawa Jepang menjadi juara. Meskipun bermain sebagai tunggal kedua, namun Kento Momota mendapat banyak apresiasi dari pertandingannya.

Di Piala Sudirman 2015, Momota mengulangi lagi prestasi di Piala Thomas dan membantu Jepang meraih Runner Up di turnamen tersebut.  Karier Momota menanjak saat BWF World Championships 2015 yang diadakan di Jakarta setelah lolos ke semifinal dan mendapat medali. Hal tersebut merupakan sejarah pertama bagi tunggal putra Jepang mendapat medali di ajang Kejuaraan Dunia.

Kemudian pada tahun yang sama, Kento Momota juga berhasil menjadi juara di BWF World Superseries Final 2015 di Dubai. Karier Kento Momota menanjak di akhir 2015-2016, sebelum akhirnya terkena skandal perjudian. Impian Kento Momota untuk bermain di Olimpiade Rio 2016 sirna karena harus berhenti dari bulu tangkis dan terancam hukuman penjara.

Baca Juga: Sosok dan Fakta Lengkap Hend Zaza, Atlet Termuda Berusia 12 Tahun Asal Suriah di Olimpiade Tokyo 2020

Pada tahun 2018, Kento Momota kembali ke arena bulu tangkis, dan pada saat itu, orang-orang sudah mengira bahwa Kento Momota akan kembali menguasai tunggal putra. Pada April 2018, Kento Momota langsung berhasil menjadi juara di 2018 Badminton Asia Championship di Wuhan setelah mengalahkan Chen Long asal Tiongkok.

Di tahun yang sama, Momota langsung mendapat medali emas 2018 World Championship, sekaligus mendapat empat gelar di Indonesia Open 1000, Japan Open SS 750, Denmark Open 750 and Fuzhou China Open 750.

Di tahun 2018-2019, Kento Momota langsung menempati peringkat satu dunia tunggal putra, dan pada 2019, Kento Momota telah menjadi Juara di All England Open, Singapore Open dan Japan Open 2019. Momota juga mampu mengambil kembali medali emas di Kejuaraan Dunia 2019.

Berikut Profil Kento Momota.


Nama Lengkap:

Kento Momota

Tempat/Tanggal Lahir:

Mino, Kagawa, Jepang, 1 September 1994

Umur:

:26 tahun

Kewarganegaraan:

Jepang

Agama:

Belum Diketahui

Tinggi badan:

175 cm

Pegangan Raket:

Kiri

Nomor:

Tunggal putra/MS

Ranking Saat Ini:

MS 1 (per 6 Juli 2021)

Instagram:

@momota_kento


Share :

HEADLINE  

Arti Kata dan Makna Kmmsmmsamm dan kmmktdkbmnklb, Bahasa Gaul Viral di TikTok

 by Andrico Rafly Fadjarianto

November 09, 2023 12:00:00


Ada Kaesang hingga Reza Arap, Ini Daftar Lengkap Anggota TKN Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

November 07, 2023 13:53:23


Aksi Bela Palestina Monas 5 November 2023 Dihadiri 2 Juta Orang

 by Andrico Rafly Fadjarianto

November 05, 2023 12:00:00


Celine Evangelista Terseret Kasus Korupsi Tambang, Panggil "Papa" ke Jaksa Agung?

 by Andrico Rafly Fadjarianto

November 02, 2023 14:10:18