Waktu Makan saat PPKM Cuma 20 Menit, Ternyata Ada Surveinya

Waktu Makan saat PPKM Cuma 20 Menit, Ternyata Ada Surveinya

Foto
Ilustrasi makan di tempat saat PPKM Level 4. Foto: Pixabay

PPKM Level 4 kembali diperpanjang mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. Dalam aturan baru Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat  Level 4 atau PPKM Level 4 yang terbaru ini, pemerintah mengizinkan untuk makan di tempat atau dine in di restoran atau tempat makan maksimal 20 menit. Begini surveinya. 

Pada PPKM Darurat yang berlangsung sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021, pemerintah sama sekali melarang masyarakat untuk makan di tempat di warung atau restoran tanpa terkecuali.

Baca Juga:  Meme Kocak PPKM Level 4 Makan 20 Menit di Warung

Timbulkan polemik


Tentu saja aturan untuk melarang para masyarakat untuk makan di tempat atau dine in di sebuah warung makan atau restoran menimbulkan polemik bagi pemilik usaha.

Kini, pada PPKM Level 4 pemerintah memberikan waktu makan di tempat cuma 20 menit. Meskipun, ada beberapa pihak yang masih tidak menerima kebijakan tersebut.

Respon pengusaha warteg


Salah satunya adalah para pengusaha warteg yang tidak menerima aturan waktu makan saat PPKM cuma 20 menit. Dengan alasan, terlalu cepat.

Pernyataan itu, diungkapkan oleh Ketua Koperasi Warteg Nusantara atau Kowantara, Mukroni. Dalam kesempatan itu, Mukroni takut para pelanggan warteg akan terburu-buru saat makan dan menganggap aturan tersebut absurd.

Baca Juga:  5 Game RPG yang Wajib Kamu Mainkan saat PPKM, Ceritanya Keren

"Nanti takutnya terdesak. Saya berpendapat, absurd kebijakan ini," ujar Ketua Kowantara dalam sebuah keterangan.

Survei makan cuma 20 menit saat PPKM


Dilansir dari berbagai sumber, Senin 26 Juli 2021 sebuah survei yang diadakan oleh masyarakat Inggris oleh seorang chef spesialis pasta bernama Giovanni Rana, menyebutkan terdapat beberapa topik pembicaraan saat makan bersama. Terutama saat makan malam.

Obrolan di meja makan yang populer itu meliputi film hingga isu teraktual.

Masih dalam surveinya, chef spesialis pasta tersebut menghasilkan, sekitar 1 jam 4 menit masyarakat Inggris habiskan untuk mengobrol selama makan bersama dan makanannya sendiri sudah habis dalam waktu yang lebih singkat. Sementara waktu untuk makan, hanya membutuhkan 10 menit saja. 

Sekedar informasi, aturan makan di tempat saat PPKM Level 4 selama 20 menit itu diumumkan oleh Menteri Dalam Negeri atau Kemendagri Tito Karnavian dalam Inmedagri Nomor 24 Tahun 2021.

"Makan tanpa bicara, 20 menit cukup," kata mantan Kapolri saat mengumumkan pengumuman tersebut.