5 Lagu yang Dianggap Horor dan Penuh Misteri, Bikin Merinding

5 Lagu yang Dianggap Horor dan Penuh Misteri, Bikin Merinding

Alpandi Pinem
2021-07-08 22:55:24
5 Lagu yang Dianggap Horor dan Penuh Misteri, Bikin Merinding
Ilustrasi Lagu (Sumber: Pixbay)


Lagu memang menjadi inspirasi atau bentuk ungkapan hati bagi yang menciptakan atau si penyanyinya. Bahkan, tak jarang bila pendengar bisa sampai mengeluarkan ekspresi mereka mendengar sebuah lagu, entah itu tertawa maupun menangis.

Namun, bagaimana dengan lagu yang terkenal memiliki kisah mistis, bahkan jarang beberapa lagu dipercaya memiliki kekuatan magis yang dapat mempengaruhi pendengarnya bahkan mengarahkannya pada tindakan yang mengerikan.

Seperti halnya beberapa lagu karya musisi Indonesia yang hingga dunia ternyata ada yang menyimpan kisah horor dan penuh misteri ini. Banyak yang percaya, ada hal-hal aneh terkait lagu-lagu yang disebut misteri tersebut.

Baca Juga: 4 Musik Pop Indonesia yang Disukai Gen Z, Bikin Adem dan Penuh Makna

Berikut inilah beberapa lagu yang kerap dianggap misterius dan menyimpan makna horor dilansir dari berbagai sumber.


1. Nina Bobo

Yang pertama mungkin sebagian dari kita tidak pernah menyangka jika lagu Nina Bobo dianggap sebagai lagu untuk memanggil makhluk halus. Dalam sebuah cerita yang beredar mengenai asal mula munculnya lagu ini, Nina adalah seorang balita perempuan berdarah Indonesia – Belanda yang bernama Helenina Mustika van Rodjnik.

Namun sayang, umur Helenina tak panjang ia meninggal pada usia lima tahun. Suatu hari ketika Nina berusia 5 tahun, ia terserang penyakit aneh. Setiap malam gadis kecil itu kesurupan,Ketika ‘kumat’ Nina berteriak2 dalam suara seorang nenek2 tua berbahasa belanda.

Rambutnya kusut, bola mata menghitam,Karena tak bisa berbuat apapun, orangtua Nina mengikat dan mengurung Nina di dalam kama,Pada malam2 dimana Nina tidak kerasukan, ia menangis minta ditemani tidur oleh ibunya,Dengan kasih sayang, ibu Nina menyanyikan lagu agar putrinya itu terlelap. Itulah lagu Nina Bobo yg diciptakan ibunya .Lagu Nina Bobo memang sengaja diciptakan oleh sang ibu untuk menidurkan Helenina ketika menangis.

Konon katanya ketika anda menyanyikan lagu ini untuk pengantar tidur anak – anak anda yang masih bayi, tepat ketika anda meninggalkan kamar tempat anak anda tertidur. Nina akan datang ke kamar anak anda dan membuat anak anda tetap terlelap hingga keesokan paginya dengan sebuah

2. Mantra Jelangkung

Kemudian ada lagu mantra jelangkung, nyanyian ini sering kita dengar di film-film horor Indonesia yang bertemakan Tusuk Jelangkung. Jelangkung merupakan salah satu permainan tradisional yang memang dikenal untuk memanggil makhluk lain di alam ghaib.

Baca Juga: Cerita Mistis di Kantor Disparpora Kabupaten Kotabaru, Konon ada Alat Musik Tradisional Sering Bunyi Sendiri

3. Lingsir Wengi

Sebagian besar masyarakat Jawa percaya jika menyanyikan lagu Lingsir Wengi berarti memanggil makhluk halus untuk datang. Lagu Lingsir Wengi sering diidentikkan sebagai lagu untuk memanggil kuntilanak. Hingga kini tak ada yang mengetahui secara pasti siapa yang menciptakan lagu ini.

Lingsir Wengi sendiri dinyanyikan secara turun temurun. Arti dalam lirik Lingsir Wengi inilah yang kemudian melahirkan banyak persepsi jika lagu ini adalah lagu untuk memanggil setan. Lingsir Wengi dinyanyikan dengan menggunakan nada sinden khas tradisional Jawa terasa kian melengkapi nilai mistik pada lagu ini. Jadi kalau ingin mendengarkan lagu Lingsir Wengi di malam hari, sebaiknya lebih berhati-hati.

4. Asereje

Asereje sempat menjadi lagu hits beberapa tahun lalu. Lagu ini dinyanyikan oleh grup vokal Last Ketchup. Tapi siapa sangka tak lama kemudian lagu ini menggemparkan masyarakat karena beredar isu bahwa lagu ini adalah lagu untuk memuja setan. Asereje menurut suku Assab yang tinggal dibagian barat laut Afrika adalah sebuah ritual untuk memanggil arwah orang yang telah meninggal.

Baca Juga: Cerita Mistis Al Zastrouw, Mengaku Pernah Ditonton Puluhan Ribu Jin Berbaju Putih saat Pentas Musik di Sumut

5. Malam Satu Syuro

Terakhir yakni, lagu malam Satu Suro sendiri yang sebenarnya merupakan ritual dilakukan oleh masyarakat yang masih memegang teguh adat Jawa hingga sekarang. Lagu Malam Satu Suro sebenarnya memiliki lirik yang tidak menyeramkan.

Sekilas tak ada yang aneh ataupun makna menyeramkan pada lagu ini. Lagu ini justru terkesan seperti lagu-lagu bertemakan cinta pada umumnya.

Hanya saja masyarakat banyak mempercayai jika lagu Malam Satu Suro ini mengandung hawa mistik ketika dinyanyikan oleh sosok Sundel Bolong yang diperankan oleh Suzana. Karakter dan citra mistis yang dimiliki oleh Suzana ternyata juga melekat pada lagu ini.

Jika penasaran ingin mendengarkan lagu Malam Satu Suro yang terdapat dalam film horor yang diperankan Suzana, maka sebaiknya dengarkan beramai-ramai dengan teman-teman kalian.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30