Sosok Andy Jassy, CEO Baru Amazon Pengganti Jeff Bezos

Sosok Andy Jassy, CEO Baru Amazon Pengganti Jeff Bezos

Alpandi Pinem
2021-07-06 19:37:45
Sosok Andy Jassy, CEO Baru Amazon Pengganti Jeff Bezos
Andy Jassy (Sumber: Washington Post).


Jeff Bezos resmi mengumumkan diri mundur sebagai CEO Amazon pada Senin (5/7/2021), setelah menduduki jabatan itu selama 27 tahun. Sebagai penggantinya, telah ditunjuk Andy Jassy, yang sebelumnya memimpin Amazon Web Services (AWS).

Sosok Andy Jassy bukan orang baru di Amanzon,  pada 2003 Jassy dipercaya sebagai CEO AWS dan mulai 5 Juli kemarin namanya terpampang sebagai CEO di laman resmi Amazon.

Baca Juga: Demi Penelitian Iklim, Pendiri Amazon Jeff Bezos Rela Sumbang US$ 10 Miliar

Meski Jeffrey Preston Bezos mundur, dirinya akan tetap memiliki pengaruh besar terhadap Amazon. Selanjutnya, Jeff Bezos akan menempati posisi chairman Amazon.

Jassy adalah pria asal New York, Amerika Serikat (AS) yang merupakan lulusan Harvard College pada 1990. Ia lalu melanjutkan studi di Harvard Business School untuk mendapat gelar master.

Baca Juga: TikTok Sempat Dikabarkan Dilarang, Amazon Buka Suara

Namun, sebelum memburu gelar master, Jassy lebih dulu bekerja di suatu perusahaan dengan jabatan sebagai project manager. Setelah mendapat gelar master, ia lantas bergabung Amazon pada 1997 sebagai marketing manager.

Andy Jassy juga menjadi salah satu shadow adviser bagi Jeff Bezos. Shadow adviser adalah staf yang mengikuti tiap rapat yang dihadiri Bezos dan memberikan masukan.

Baca Juga: Melihat Keindahan Taman Tempuran Cikal, Sungai Amazonnya Yogyakarta

Setelah diangkat sebagai CEO AWS pada 2016p, di bawah kepemimpinan Jassy, pada 2020 AWS mampu menguasai sepertiga dari pasar komputasi awan di dunia. Menurut Synergy Research. AWS bersaing sangat ketat dengan Microsoft dan Google.

Kekayan CEO baru Amazon Andy Jassy cukup fantastis, dimana menurut Bloomberg Billionaire Index, angka kekayaan mencapai sekitar USD 500 juta atau setara Rp 7,2 triliun.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30