Ini Dia Daftar Menteri Jokowi yang Prestasinya Mendunia, Erick Thohir Nomor Berapa?

Ini Dia Daftar Menteri Jokowi yang Prestasinya Mendunia, Erick Thohir Nomor Berapa?

Yuli Nopiyanti
2021-07-01 11:46:58
Ini Dia Daftar Menteri Jokowi yang Prestasinya Mendunia, Erick Thohir Nomor Berapa?
Menteri Jokowi yang Prestasinya Mendunia

Indonesia memiliki sejumlah tokoh yang dinilai berpengaruh oleh dunia internasional.

Bahkan menteri-menteri pilihan Jokowi bukanlah orang sembarangan. Beberapa di antaranya memiliki sederet prestasi dan bahkan diakui dunia internasional karena mendapat penghargaan dari luar negeri.

Berikut beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju yang pernah mendapat penghargaan internasional atau prestasinya diakui dunia:

Baca Juga: Tenang! Ini Daftar Hotel di Jakarta untuk Isolasi Mandiri Jika Rumah Sakit Penuh

1. Menteri Keuangan Sri Mulyani


Menteri Jokowi yang satu ini sudah bukan rahasia lagi jika Sri Mulyani menerima penghargaan dari berbagai lembaga serta media dunia.

Pada Oktober 2007, Sri Mulyani diberi gelar wanita paling berpengaruh kedua di Indonesia versi majalah Globe Asia, lalu Globe Asia pada 2017 menempatkan Sri Mulyani sebagai salah satu tokoh asal Indonesia paling berpengaruh.

Globe Asia mengapresiasi keberhasilan Sri Mulyani dalam menjalankan program tax amnesty yang sukses mengembalikan pajak yang seharusnya dibayarkan oleh beberapa orang Indonesia di luar negeri.

Sri Mulyani juga mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan Februari 2018 di Dubai, Uni Arab Emirates.

Terbaru, Sri Mulyani kembali dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Tahun 2018 versi majalah Global Markets.

Anugerah Finance Minister of the Year, East Asia Pacific ini diberikan atas kiprahnya mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang, saat kembali menjabat Menkeu kedua kalinya. Kebijakan Menkeu Sri Mulyani dianggap kredibel dan efektif.

2. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir


Menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dikenal prestasinya saat menjadi pemilik klub sepakbola ternama asal Italia, Inter Milan, dan DC United asal AS.

Prestasinya tersebut tentu saja membuat bangga Indonesia karena salah satu putra terbaiknya dapat menjadi orang terpenting dalam klub sepak bola.

Erick juga menjadi orang pertama Indonesia yang  memiliki tim basket sendiri di NBA Philadelphia 76ers.

Bahkan Menteri BUMN Erick Thohir diketahui baru saja meresmikan pembangunan Masjid At Thohir di Los Angeles, Amerika Serikat.

Masjid tersebut menjadi Indonesia Muslim Community Center atau pusat kegiatan umat muslim Indonesia di Los Angeles.

3. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono


Menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima penghargaan International Lifetime Contribution Award 2017 dari Perhimpunan Insinyur Jepang atau Japan Society of Civil Engineers (JSCE) pada Juli 2017.

Bahkan Basuki ini merupakan tokoh Indonesia pertama yang menerima penghargaan ini karena dinilai berhasil dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh wilayah Indonesia.

Tak hanya itu saja bahkan Basuki juga pernah menerima penghargaan dari Asean Federation Engineering Organization (AFEO) atau organisasi insinyur di Asean untuk kategori AFEO Distinguished Honorary Fellow pada acara 34th Conference of The Asean Federation of Engineering Organization (CAFEO) pada November 2016 di Puerto Princessa, Palawan, Filipina.

4. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi


Menjabat sebagai Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengukir prestasi dengan mendapatkan penghargaan Agen perubahan untuk kesetaraan gender dan Pemberdayaan Perempuan dari badan urusan perempuan PBB, UN Women di Markas PBB, New York, Amerika Serikat pada Rabu 20 September 2017.

Selain itu, wanita kelahiran Semarang, Jawa Tengah pada 27 November 1962 ini juga memperoleh penghargaan Order of Merit dari Raja Norwegia pada Desember 2011, yang menjadikannya sebagai orang Indonesia pertama yang memperoleh penghargaan tersebut.

Baca Juga: Profil dan Biodata Lengkap Umur Wahyu Suryono Pratama, Koordinator Pusat BEM SI yang Hobi Naik Gunung

5. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim


Selanjutnya Menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju Nadiem Makarim, pada 2016 menerima penghargaan The Straits Times Asian of the Year dan merupakan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan tersebut sejak pertama kali didirikan 2012 lalu.

Penghargaan tersebut datang karena perusahaan berfokus pada peningkatan kesejahteraan sektor informal. Pada saat yang sama, ini dapat membantu menyediakan mata pencaharian bagi masyarakat Indonesia dengan mengubah pasar dan model bisnis tradisional.

Pada Mei 2019, Nadiem menjadi tokoh termuda se-Asia yang menerima penghargaan Nikkei Asia Prize ke-24 untuk Inovasi Ekonomi dan Bisnis.

Penghargaan diberikan kepada individu atau organisasi yang berkontribusi bagi pengembangan kawasan Asia dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat Asia.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30