Resmi, UEFA Hapus Gol Tandang di Liga Champions Musim Depan

Resmi, UEFA Hapus Gol Tandang di Liga Champions Musim Depan

Foto
Presiden UEFA Aleksander Ceferin (Istimewa)


UEFA secara resmi memastikan peraturan gol tandang akan dihapus dari seluruh kompetisi antarklub mereka yang terhitung pada musim 2021/2022.

Pertandingan kedua tim sama kuat setelah dua leg kini akan ditentukan oleh dua periode perpanjangan waktu 15 menit dan adu penalti jika diperlukan.

Baca Juga: Duel Seru di Babak 16 Besar Piala Euro 2020: Portugal vs Belgia, Inggris vs Jerman, Krosia vs Spanyol

Menurut Presiden UEFA Aleksander Ceferin bahwa aturan tersebut saat ini sudah bertentangan dari tujuan awal. Aturan tersebut dianggap menghambat tim untuk bermain sepak bola menyerang. Keputusan dilakukan usai Komite Eksekutif UEFA berdasarkan rekomendasi dari Komite Kompetisi Klub UEFA dan Komite Sepak Bola Wanita UEFA.


"Komite Eksekutif UEFA hari ini telah menyetujui proposal untuk menghapus gol tandang dari semua kompetisi klub UEFA pada babak kualifikasi di kompetisi musim 2021/2022," tulis pernyataan resmi UEFA.

Baca Juga: Ini Daftar dan Jadwal Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2020

Lebih lanjut, mengatakan bahwa alasan penghapusan tersbut untuk mencegah adanya keuntungan tuan rumah. Ceferin berharap, laga-laga tetap menjadi krusial dan penting keberadaannya tanpa peraturan gol tandang.

"Ada juga kritik atas ketidakadilan, terutama di perpanjangan waktu, yang mewajibkan tim tuan rumah mencetak dua gol ketika tim tamu telah mencetak gol," katanya.