Uden Kusuma Ditunjuk Jadi Manajer Timnas Indonesia U-23, Ini Alasan PSSI

Uden Kusuma Ditunjuk Jadi Manajer Timnas Indonesia U-23, Ini Alasan PSSI

Foto
Brigjen Pol Uden Kusuma Wijaya mendapat tugas sebagai manajer baru Timnas U-23 di SEA Games 2021 Vietnam. PSSI resmi menunjuk Uden untuk jabatan itu pada Senin (2/5/2021).


Brigjen Pol Uden Kusuma Wijaya mendapat tugas sebagai manajer baru Timnas U-23 di SEA Games 2021 Vietnam. PSSI resmi menunjuk Uden untuk jabatan itu pada Senin (2/5/2021).

Nama Uden muncul atas usulan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan disepakati oleh anggota Exco PSSI.

"Atas usul Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan disetujui secara mayoritas oleh anggota Exco yaitu memilih Bapak Brigjen Pol. Uden Kusuma sebagai Manajer Timnas U-23," kata Hasani pada Rabu (5/5/2021).

Baca Juga: Biografi dan Profil Lengkap Asnawi Mangkualam, Pemain Timnas Indonesia Mirip Park Ji Sung Mantan Bintang Manchester United

Terkait hal itu, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengungkap alasan pihaknya memilih Uden Kusuma Wijaya karena dianggap mengerti sepak bola.

"Pak Uden Kusuma Wijaya kami rasa pantas mengemban posisi manajer Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2021," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, dinukil dari laman PSSI.

"Dia punya kapasitas serta kemampuan sebagai manajer tim dan juga beliau sudah berpengalaman di sepak bola Indonesia," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

Baca Juga: Resmi, Uden Kusuma Ditunjuk Jadi Manajer Timnas Indonesia U-23

Iwan Bule meminta kepercayaan pihaknya tidak disia-siakan oleh Uden Kusuma Wijaya. Dia percaya Pati Korbrimob Polri itu dapat mengemban tugasnya dengan baik.

"Kami berharap Pak Uden Kusuma Wijaya mampu mengemban tugasnya dengan baik dan PSSI memberikan dukungan penuh kepadanya. Apalagi kami menargetkan medali emas di SEA Games 2021," terang Iwan Bule.

Terkait hal itu, Uden mengaku telah menyiapkan sejumlah langkah.

Baca Juga: Egy Cetak 2 Gol untuk Lechia Gdansk Sebelum Gabung Timnas Indonesia

"Saya akan konsolidasi kepada pemain, saya akan memacu motivasi mereka. Semuanya itu bermula dari motivasi ketika kita dapat menyentuh rasa daripada insan sepak bola yang haus akan gelar tentunya kita berharap ini bisa diwujudkan," jelas Uden.

"Dari dalam diri pemain masing-masing, karena yang ada di dalam lapangan itu pemain kita semua akan di luar. Yang bisa mewujudkan ini pemain. Kemudian ke depan saya akan me-manage semua aspek keperluan daripada pemain dan tim," katanya.

Nama Uden memang bukan asing dalam bidang olahraga, terutama sepak bola. Dia punya pengalaman sebagai Ketua Umum Asosiasi Provinsi (Ketum Asprov) PSSI DKI Jakarta yang mulai dijabat mulai 2017 sampai 2022. Bahkan saat ini dia juga menjabat sebagai Tenaga Ahli di Kementerian Pemuda dan Olahraga.