Mitos Nyi Roro Kidul Datang dari Tanah Batak, Ini Faktanya

Mitos Nyi Roro Kidul Datang dari Tanah Batak, Ini Faktanya

Ahmad
2021-04-26 20:07:01
Mitos Nyi Roro Kidul Datang dari Tanah Batak, Ini Faktanya
Si Boru Biding Laut yang dianggap oleh cerita rakyat Sumatera Utara sebagai Nyi Roro Kidul dari Tanah Batak. (Foto: Berbagai Sumber)

Seperti cerita rakyat yang sudah menjadi sebuah legenda, Nyi Roro Kidul yang sudah dianggap oleh masyarakat Jawa sebagai ratu penguasa Laut Selatan ini mempunyai banyak versi. Salah satunya, mitos Nyi Roro Kidul yang berasal dari Tanah Batak.

Sudah selayaknya sebuah legenda, Nyi Roro Kidul yang sudah terkenal sebagai keturunan Raja Airlangga dari Kahuripan ini, rupanya dianggap oleh sebagian orang, khususnya di daerah Sumatera Utara berasal dari Tanah Batak.

Berikut ini fakta-fakta yang menyebutkan Nyi Roro Kidul berasal dari Tanah Batak.

Menurut cerita rakyat Sumatera Utara yang dipercaya oleh sebagian orang. Nyi Roro Kidul berasal dari Tanah Batak yang diyakini sebagai cucu pertama dari Raja Batak.

Baca Juga: Sosok dan Fakta Lengkap Mister M, Mafia Alutsista yang Diduga Penyebab KRI Nanggala 402 Tenggelam

Meskipun pernyataan tersebut hanya sebuah mitos dan jauh dari sosok yang sudah melekat di masyarakat yang mempercayai Nyi Roro Kidul merupakan penguasa Laut Selatan.

Si Boru Biding Laut

Menurut salah satu budayawan dari Universitas HKBP Nommensen, Manguji Nababan mengatakan, mitos Nyi Roro Kidul yang identik dengan warna hijau yang dipercaya berasal dari Tanah Batak disebut Si Boru Biding Laut yang merupakan putri pertama dari Guru Tatae Bulan, seorang putra Raja Batak.

Dalam bahasa Batak sendiri, Si Boru Biding Laut berarti Si Wanita Penyebrang Laut atau penakluk laut.

Guru Tatae Bulan sendiri mempunyai 5 orang putra dan 5 orang putri.

Dari kelima putri tersebut, salah satunya merupakan Nyi Roro Kidul yang telah dikenal oleh masyarakat yang kini sudah berusia 750 tahun.

Baca Juga:  Susi Pudjiastuti Punya Momen Khusus Bareng Kolonel Laut Harry Setiawan, Korban KRI Nanggala-402

Kemudian, budayawan Batak itu juga mengatakan, perginya Nyi Roro Kidul ke Pantai Selatan untuk mencari saudara laki-lakinya yang pergi dari rumah bernama Seribu Raja.

Seribu Raja sendiri memiliki kisah cinta terlarang dengan saudara perempuannya yang bernama Si Boru Parame yang merupakan saudara perempuan dari Nyi Roro Kidul dan masih mempunyai ikatan darah.

Hasil kesepakatan bersama, menyebutkan Seribu Raja diusir oleh rakyat Tanah Batak.

Merasa iba, Si Baru Biding Laut yang dipercaya sebagai Nyi Roro Kidul yang berasal dari Tanah Batak ini menyusul saudara laki-lakinya menuju ke Pantai Selatan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30