Tips Simpan Kurma Kering dan Kurma Basah Supaya Awet

Tips Simpan Kurma Kering dan Kurma Basah Supaya Awet

Foto
Cara menyimpan kurma agar awet (Foto: Pixabay)

Kurma memang tidak pernah lupa di bulan suci Ramadan. Banyak umat muslim selalu menyediakan kurma saat Ramadan. 

Namun jika kalian ingin menyetok kurma kering dan kurma basah di rumah, ada baiknya melakukan langkah yang tepat untuk menghindari jamur dan berkutu. 

Pasalnya, kurma adalah buah yang awet jika disimpan dengan cara yang tepat. Ada kurma yang bisa disimpan 3-6 bulan sampai 1 tahun.

Lantas, bagaimana tips menyimpannya kurma kering dan kurma basah agar bisa awet? Penasaran dengan jawabannya? Berikut Correcto.id rangkumkan untuk Anda.

1. Simpan di kulkas

Kurma kering bisa awet 3-6 bulan jika disimpan pada suhu ruang. Jika kalian ingin tahan selama 1 tahun, simpan kurma dalam kulkas.

Untuk kurma basah, baiknya disimpan dalam kulkas atau freezer, karena tidak terlalu awet pada suhu ruang. Untuk itu, kurma bahasa bisa disimpan di freezer sekitar 6 bulan, sedangkan di kulkas sampai 1 bulan.

Kemudian untuk kurma kering, tekstur kurma basah tidak terlalu keras jika dismpan dalam kulkas. Berkat kandungan air kurma basah yang lebih banyak daripada kurma kering.

Baca Juga: Manfaat Kolang-kaling, Bisa Jaga Kesehatan Tulang dan Ginjal

2. Simpan kurma di wadah tertutup dan bersih

Dengan meletakkan kurma kering dan basah di wadah tertutup dan bersih, bisa menjaga kualitas kurma agar tetap baik dan enak saat disantap. Simpan di suhu ruang maupun kulkas.

Selain itu, kurma juga bisa disimpan menggunakan plastik kedap udara atau kotak plastik. Namun hindari menyimpan kurma dalam kardus, apabila disimpan dalam kulkas. 

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Amandel, Salah Satunya Penting Bagi Tubuh

3. Perhatikan kadaluwarsa

Penting untuk diketahui saat membeli kurma, kalian wajib mengecek masa kadaluwarsa kurma. Jika membeli kurma kiloan, tanya kepada penjualnya. 

Hal itu karena, expired data kurma bisa membantu berapa lama kita dapat menyimpan kurma. 




Share to: