Cerita Misteri Keblak Sosok Jin Pembawa Pertanda di Pulau Jawa

Cerita Misteri Keblak Sosok Jin Pembawa Pertanda di Pulau Jawa

Ekel Suranta Sembiring
2021-03-30 02:14:53
Cerita Misteri Keblak Sosok Jin Pembawa Pertanda di Pulau Jawa
Keblak, Sosok Jin Pembawa Pertanda di Pulau Jawa (foto: rumah123.com)

Dulu masyarakat Pulau Jawa memiliki cerita misteri tentang sosok Keblak, yang dipercaya serupan jin. Kemunculanya dipercaya pembawa pertanda bagi masyarakat Pulau Jawa.

Menurut akun Instagram @misterisolo, Keblak sendiri merupakan jin penunggu pulau Jawa yang kemunculan dimulai ketika senja hingga pagi hari. Kemunculannya pun juga ditandai dengan bunyi kepakan sayap "blak-blak-blak" terbang di langit yang gelap. 

Baca Juga: Cerita Misteri SMAN 2 Solo, Konon Dihuni Sosok Noni Belanda Bernama Catherine

Banyak versi yang mengatakan tentang wujud makhluk ini ketika tertangkap mata manusia, ada yang melihat sosok burung, kelelawar, angsa, kalkun, bahkan ayam jago. Namun ada yang tidak wajar dari wujud makhluk ini yaitu ukurannya yang besar sepinggang orang dewasa.

Baca Juga: Cerita Misteri Benteng Van Der Wijck di Kebumen, Sering Dengar Tangisan dari Ruang Tertentu

Dahulu, Keblak dianggap jin netral yang keberadaannya dianggap sebagai pembawa berita baik seperti kabar kemenangan perang, kelahiran bayi, malam pertama seorang perawan, dan rejeki besar yang datang ataupun berita buruk seperti kematian, santet, dan kabar akan terkena bala. 

Maka dari itu, Keblak sangat diagungkan di jaman kerajaan kuno Nusantara. Bahkan beberapa candi mengabadikan sosok Keblak di beberapa reliefnya.

Baca Juga: Cerita Misteri Situ Denuh di Tasikmalaya, Dicap Angker dan Dihuni Sosok Gaib ini

Seiring berkembangnya waktu, Keblak malah menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Banyak masyarakat modern percaya bahwa Keblak merupakan siluman yang ditugasi untuk membawa mala petaka dan santet kepada orang yang dituju. 

Biasanya Keblak akan terbang memutari rumah korbannya. Konon mitosnya, barang siapa yang rumahnya dikelilingi Keblak pada malam hari akan segera terkena petaka. Maka dari itu, beberapa sesepuh sering melempari langit-langit dengan batu jika suara pertanda munculnya Keblak mulai terdengar.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30