Cerita Misteri Hantu Reng Tua Malem dari Madura, Menukutkan Malah Diburu

Cerita Misteri Hantu Reng Tua Malem dari Madura, Menukutkan Malah Diburu

Ekel Suranta Sembiring
2021-03-02 19:25:00
Cerita Misteri Hantu Reng Tua Malem dari Madura, Menukutkan Malah Diburu
Ilustrasi Hantu (foto: boombastis.com)

Di Madura terdapat cerita misteri tentang hantu Reng Tua Malem yang menakutkan. Unik meski menakutkan, masyarakat Madura malah memburunya.

Reng Tua Malem adalah bahasa daerah Madura yang jika diartikan memiliki makna Orang Tua Malam. Konon, nama tersebut diambil dari ciri sosok pria tua yang memakai kopiah dan juga baju adat khas Madura.

Baca Juga: Cerita Misteri Jin Tomang yang Sering Mengganggu Karyawan Pabrik yang Pulang Malam

Di mulutnya, terselip sebatang rokok yang menyala. Mitosnya, sosok tersebut hanya berupa bayangan hitam atau bisa disebut siluet dengan nyala api menyerupai rokok di mulutnya.

Menurut berbagai sumber, Reng Tua Malem mitosnya adalah bentuk dari praktek ilmu hitam yang dilakukan oleh masyarakat. Setidaknya, ada dua versi pandangan yang berbeda. Yang pertama berpendapat bahwa Reng Tua Malem adalah sosok dari seorang yang memiliki ilmu hitam yang berubah wujud ketika masuk waktu malam.

Baca Juga: Cerita Misteri Hantu Anja-anja, Konon Suka Mengganggu Pengantin Baru

Dipercaya jika Reng Tua Malem ini juga mencari tumbal saat ia berkeliling. Sementara sumber kedua mengatakan jika Reng Tua Malem adalah esensi ilmu hitam, namun tak lagi diinginkan oleh sang majikan. Ia pun dibuang dan keluyuran di jalan-jalan untuk menemukan majikannya.

Mesti bergelar hantu yang menyeramkan, akan wajar jika hantu tersebut banyak ditakuti. Namun anehnya banyak sekali masyarakat Madura yang justru tertarik untuk bertemu dengan  mencari sosok hantu Reng Tua Malem.

Baca Juga: Cerita Misteri Pura Pangkung Pastu yang Sangat Angker dan Mistis

Hal tersebut dikarenakan legenda yang beredar tentang kesaktian sosok Reng Tua Malem. Konon, sosok tersebut bukanlah hantu biasa. Ia juga bisa memberikan kesaktian mandraguna bagi siapa saja yang mampu memegang rokok yang dihisap oleh sosok tersebut.

Hingga saat ini, barangkali begitu sulit untuk menemukan sosok Reng Tua Melem. Pada dasarnya, makhluk sejenis hantu justru sulit ditemui jika dicari. Terbukti, hingga saat ini belum ada warga Madura yang terekspos mendapatkan kasaktian dari Reng Tua Malem. Atau sebenarnya sosok tersebut hanya buah bibir saja. Tak ada yang tahu pasti kebenaran tersebut.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30