Cerita Misteri! Begini Pengakuan Paranormal Soal Angkernya Alas Purwo

Cerita Misteri! Begini Pengakuan Paranormal Soal Angkernya Alas Purwo

Foto
Alas Purwo (foto: asliindonesia.net)

Alas Purwo yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur memiliki berbagai cerita misteri. Banyak orang percaya bahwa Alas Purwo ini sebagai hutan paling angker di Pulau Jawa. 

Salah seorang paranormal asal Banyuwangi bernama Ki Joko Gondrong mengatakan, wisatawan yang datang ke Alas Purwo hendaknya berhati-hati. Sebab Alas Purwo dipercaya sebagai tempat pertama dihuni oleh manusia yakni Situs Kawitan.

"Situs purbakala yakni Situs Kawitan dipercaya adalah bangunan punden entah siapa yg mendirikan. Ada juga sejenis Lingga Yoni di situ," ujarnya.

Baca Juga: Berbagai Kisah Mistis Mbah Man Sang Penggali Kubur di Semarang

Menurutnya, Situs Kawitan seperti halnya pos penjagaan alam gaib. Jika memiliki niatan buruk ke Alas Purwo, akan berimbas dengan kejadian buruk. Sementara jika niatan baik, maka tidak akan ada apa-apa.

"Jadi seperti scan tentang niat wisatawan. Kalau aneh ya pasti terdeteksi di situ lebih canggih dibandingkan alam nyata," tegasnya.

Soal penghuni Alas Purwo Ki Joko Gondrong mengatakan, setiap hutan merupakan tempat angker, tentu didiami oleh makhluk halus seperti genderuwo, jin dan setan. Kebanyakan, adalah sejenis makhluk halus pengikut Nyi Roro Kidul.

"Angker karena letaknya statregis di paling ujung dan banyak pertapa di sana. Angkernya hutan itu menjadi sarang dedemit dan jin menjadi penganut ratu pantai selatan," ujar pria yang memiliki padepokan Ki Joko Gondrong ini.

Banyak sering penampakan hewan gaib di Alas Purwo. Seperti banteng gaib hingga ular. Sementara untuk pantai yang diduga angker di dalam Alas Purwo adalah Pantai Parang Ireng. Dipercaya, pengikut Ratu Pantai Selatan berada di lokasi itu.

Baca Juga: Cerita Misteri Embung Pengantin Sukoharjo, Sosok Ular Berkepala Manusia Kerap Muncul di Hadapan Pemancing

"Maka untuk wisatawan datang ke Alas Purwo itu tergantung niatnya. Kalau negatif ya negatif kalau positif akan lebih positif," tambahnya.

Gua di Alas Purwo juga memiliki kesan mistis yang kuat. Harus berjiwa dan berbadan bersih jika ingin masuk ke gua-gua yang ada di Alas Purwo.

"Wisatawan harus jaga sopan santun, tata krama. Selain itu kalah masuk ke goa harus bersih tidak haid dan junub. Jaga sopan santun tidak boleh ngomong yang aneh-aneh,"tambahnya.

Gua-gua di Alas Purwo diantaranya adalah Gua Istana, Gua Gajah, Gua Mayangkara dan masih banyak lagi. Namun yang terkenal adalah Gua istana. Gua ini dipercaya sebagai tempat dari tokoh proklamator, Ir Soekarno bertemu dengan Nyi Roro Kidul.

"Di Gua Istana itu simbolis batu dari kanjeng ratu. Gua Istana pernah disinggahi Proklamator RI Bung Karno," tambahnya.

Alas Purwo memang sebagai jujugan dari pertapa, yang melakukan ritual di alam bebas. Namun tidak semua pertapa memiliki ilmu spiritual. Sehingga diduga banyak yang melakukan aksi penipuan, dengan berdalih bisa mewujudkan impian ataupun keinginan.

Baca Juga: Cerita Mistis Salah Satu Perumahan di Surabaya, Sebuah Pohon jadi Sarang Kuntilanak yang Sering Usil

"Jadi harus berhati-hati. Banyak paranormal tidak jelas yang datang ke sana. Modal mereka baju hitam, celana hitam pakai akik dan lusuh. Padahal yang namanya ahli spiritual itu dekat dengan tuhan. Menghadap tuhan kan harus bersih masak lusuh?" tambahnya.

Pihaknya berharap wisatawan ataupun masyarakat yang memiliki hajat di Alas Purwo untuk tidak percaya dengan tipu daya yang ada. Karena dikhawatirkan akan menjadi aksi penipuan dengan permintaan mahar yang merugikan.

"Yang jelas minta identitas. Tau rumah atau padepokannya. Karena mereka yang ada di Alas Purwo selalu minta mahar yang banyak tanpa terasa oleh korban," pungkasnya.



Tag :

Cerita MisteriAlas PurwoParanormalHutan AngkerTampat AngkerJawa Timur

Artikel Terkait :

  • Cerita Misteri Kasuraga, Konon Sosok Gaib Mirip Keranda Terbang

  • Cerita Misteri Hantu Balai Seribu Pembunuh Manusia dari Hutan Kalimantan

  • Kisah Mistis Seorang Pria Selamat dari Cengkeraman Hantu Banyu Penunggu Sungai Musi

  • Kisah Misteri Sukarelawan saat Cari Luweng di Wonogiri, Pernah Alami Kejadian Aneh ini


  • Share to: