Rekam Jejak Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kapolri Baru Mantan Kabareskrim

Rekam Jejak Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kapolri Baru Mantan Kabareskrim

Foto
Rekam jejak Komjen Listyo Sigit Prabowo yang dipilih menjadi Kapolri baru.

Rekam jejak Komjen Listyo Sigit Prabowo banyak dicari masyarakat setelah dipilih menjadi Kalpolri baru yang juga sebagai mantan Kabareskrim. 

Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan kelahiran Ambon, Maluku pada tanggal 5 Mei 1969. Ia adalah seorang polisi Indonesia. 

Rekam jejak Komjen Listyo Sigit Prabowo


Komjen Listyo Sigit Prabowo pernah beberapa kali menduduki jabatan di Jawa Tengah. Pada 2008, ia pernah menjadi Kapolres Pati, (2010) Kapolres Sukoharjo, dan menjadi Wakapolres Semarang, dan Kapolres Surakarta (2011).

Kemudian, sejak Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012, Listyo Sigit pun ikut dimutasi dan naik pangkat menjadi Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri.


Pada 2013, Listyo Sigit pernah menjadi Ditreskrimum Polda Sulawesi Tenggara (2013). Pada tahun 2014, ia kembali ke Jakarta untuk menjadi ajudan Jokowi.

Baca Juga: Biodata dan Profil Lengkap Umur Listyo Sigit Prabowo, Kapolri Baru Pengganti Idham Aziz

Setelah itu, tahun 2016 ia diangkat sebagai Kapolda Banten, pangkatnya juga naik menjadi Brigjen.

Tahun 2018 ia pun dipercaya menjadi Kadiv Propam Polri, hingga diangkat sebagai Kabareskrim Polri di tahun 2019.

Prestasi Komjen Listyo Sigit Prabowo


Saat menjadi Kapolres Surakarta, Listyo Sigit Prabowo menangani peristiwa ledakan bom bunuh diri di GBIS Kepunton, Solo, pada 25 September 2011 atau Bom Solo. 

Baca Juga: Resmi Komjen Listyo Sigit Prabowo Gantikan Idham Aziz Pimpin Kepolisian

Tak hanya itu, ia juga berhasil mengungkap sejumlah kasua. Salah satunya,  Bareskrim Polri berhasil menangkap buronan kasus cassie Bank Bali, Djoko Tjandra, yang dicari keberadaannya selama 11 tahun. 

Selanjutnya, di bawah kepemimpinan juga Bareskrim berhasil mengamankan 8 tersangka kasus kebakaran gedung Kejaksaan Agung yang terjadi pada 22 Agustus 2020 lalu.