Biografi dan Profil Lengkap Agama Ribka Tjiptaning, Anggota DPR RI yang Menolak Vaksin
Foto
Ribka Tjiptaning yang merupakan salah satu anggota DPR RI yang secara terang-terangan menolak vaksin Covid-19. Berikut biografi dan profil serta agamanya. Foto: DPR.go.id

Biografi dan Profil Lengkap Agama Ribka Tjiptaning, Anggota DPR RI yang Menolak Vaksin

Ribka Tjiptaning yang merupakan salah satu anggota DPR RI yang secara terang-terangan menolak vaksin Covid-19. Berikut biografi dan profil serta agamanya.

Perempuan yang kini menjadi anggota Komisi IX DPR RI ini secara tegas menolak mendapat vaksin Covid-19. Bahkan, ia memilih untuk membayar denda dibandingkan divaksin. 

Baca Juga: Profil dan Biodata Lengkap Umur Indah Permatasari, Artis Cantik Istri Arie Kriting

Ditelusuri lebih lanjut, perempuan berusia 63 tahun itu tidak mau divaksin karena Bio Farma belum mengeluarkan tahap uji klinis ketiga. Selain itu, ia juga menyinggung program vaksinasi kaki gajah dan polio yang menurutnya memakan korban jiwa di Indonesia. 

Hampir Menjadi Menkes

Ribka Tjiptaning, anggota DPR RI dari fraksi PDIP ini pada 2014 lalu disebut-sebut sempat menjadi kandidat Menteri Kesehatan atau Menkes di pemerintahan Jokowi- Jusuf Kalla.

Bahkan, ia pun mengaku siap untuk menjadi calon Menkes di jajaran kabinet Jokowi-JK.

"Saya siap dicalonkan menjadi menteri kesehatan jika itu kehendak rakyat. Aspirasi kawan-kawan Pospera dan rakyat, saya diminta maju jadi Menteri Kesehatan," ucap Ribka, tujuh tahun silam.

Akan tetapi, Ribka Tjiptaning gagal menjadi Menkes setelah dipilihnya Nila Moeloek sebagai Menteri Kesehatan.

Kader PDIP Sejak Lulus Kuliah

Sebagai anak ketiga dari lima bersaudara, Tjiptaning, sapaan Ribka Tjiptaning adalah yang paling beruntung karena masih sempat mengenyam pendidikan formal hingga akhirnya ia mampu menjadi seorang dokter. 

Ketika sudah lulus dari bangku kuliah, Tjiptaning kemudian membuka sebuah klinik kesehatan di Ciledug pada tahun 1992. Dari klinik yang dikelolanya, Tjiptaning akhirnya mulai berkenalan dengan para aktivis muda di Jakarta yang sering menentang kebijakan rezim orde baru di bawah pemerintahan Soeharto. 

Baca Juga: Profil dan Biodata Lengkap Umur Listyo Sigit Purabowo, Kapolri Baru Pengganti Idham Aziz

Dari sinilah ia mulai mengenal dunia politik. Kemudian, Tjiptaning pun terjun ke dunia politik melalui keikutsertaannya dalam Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dilansir dari berbagai sumber, Ribka Tjiptaning di situs Wikidpr.org, perempuan berusia 63 tahun ini bergabung menjadi politisi PDIP sejak lulus dari kuliah kedokteran.

Bergabung di PDIP, perempuan yang kuliah di kedokteran ini awalnya menjabat sebagai Sekjend Pemuda Demokrat Indonesia di 2002 dan saat ini menjadi Wakil Ketua DPP PDIP Banten.

Sukses menjadi Anggota Dewan, Ribka Tjiptaning ternyata pernah dicap sebagai anak PKI. Bahkan, ia juga sempat menulis buku berjudul Aku Bangga Jadi Anak PKI.

Penulis Buku 'Aku Bangga Jadi Anak PKI' 

Walaupun sekarang hidupnya bisa dibilang sukses, ia memiliki masa lalu yang cukup kelam. Keluarganya sempat dicap sebagai anggota dari Gerakan 30 September 1965. 

Saat itu, Tjiptaning yang masih duduk di TK kelas Nol Besar harus menyaksikan awal-awal kejatuhan keluarganya. Ayahnya tiba-tiba menghilang, sedangkan Ibunya dibawa oleh tentara. Karena hal tersebutlah, ia dan kakaknya sering berpindah-pindah alamat.

Sukses menjadi Anggota Dewan, Ribka Tjiptaning ternyata pernah dicap sebagai anak PKI. Bahkan, ia juga sempat menulis buku berjudul Aku Bangga Jadi Anak PKI.

Profil Ribka Tjiptaning, Anggota DPR RI yang Menolak Vaksin

Nama Lengkap : Ribka Tjiptaning Proletariyati

Alias : Ribka Tjiptaning | Ribka

Profesi : Politisi

Agama : Kristen

Tempat Lahir : Yogyakarta

Tanggal Lahir : Rabu, 1 Juli 1959

Warga Negara : Indonesia

Suami : Sigit Herlambang 



Tag :

biografi Ribka Tjiptaningprofil Ribka Tjiptaningagama Ribka TjiptaningRibka Tjiptaning tolak vaksinRibka TjiptaningAnggota DPR RI yang Menolak VaksinRibka Tjiptaning dan jokowiRibka Tjiptaning vaksinRibka Tjiptaning buku

Artikel Terkait :

  • Biografi dan Profil Lengkap Agama Nora Alexandra, Istri Jerinx SID yang Dihujat Netizen sebab Foto Seksi

  • Fakta-fakta Nita Thalia Pernah Diminta Raffi Ahmad Jadi Istri Kedua

  • Biografi dan Profil Lengkap Agama Ambroncius Nababan yang Lakukan Rasisme pada Natalius Pigai

  • Fakta-fakta Donna Agnesia Positif Covid-19, Rasakan Pilek dan Pusing Ringan


  • Share to: