Cerita Misteri Jembatan Overtoun di Skotlandia, Konon Tempat 600 Anjing Bunuh Diri

Cerita Misteri Jembatan Overtoun di Skotlandia, Konon Tempat 600 Anjing Bunuh Diri

Ekel Suranta Sembiring
2021-01-06 18:34:37
Cerita Misteri Jembatan Overtoun di Skotlandia, Konon Tempat 600 Anjing Bunuh Diri
Jembatan Overtoun di Skotlandia (foto: YOUTUBE.COM)

Ada sebuah jembatan yang sangat aneh di Skotlandia dan memiliki kisah mistis. Di jembatan tersebut, anjing-anjing yang lewat dan melintas akan melompat dan terjun ke bawah jembatan. 

Anjing-ajing tersebut melompat seakan sedang bunuh diri. Hal itu terdengar sungguh aneh namun memang begitulah faktanya.

Jembatan yang dimaksud bernama Jembatan Overtoun dan berlokasi di daerah West Donbartonshite. Fenomena terjunnya anjing-anjing yang melintas di sana sudah terjadi sejak 1950-an. 

Baca Juga: Kisah Misteri Phi Krasue, Hantu dari Thailand Mirip Kuyang

Sudah ada ratusan laporan mengenai anjing-anjing yang melompat di sana, termasuk sebagian kecil di antaranya yang selamat.

Fenomena yang ada membuat jembatan itu dijuluki Dog Suicide Bridge alias jembatan anjing bunuh diri. Berbagai teori pun muncul untuk menjelaskan mengapa anjing bisa menerjunkan diri di sana, mulai dari yang berbau mistis sampai yang masuk akal.

Salah satu teori berbau mistis penyebut hantu bernama White Lady of Overtoun sebagai penyebabnya. Meski demikian, tak ada penjelasan yang jelas apa hubungan antara White Lady of Overtoun dengan anjing.

Baca Juga: Kisah Misteri Hanako, Hantu Penunggu Toilet Sekolah di Jepang

Teori yang lebih masuk akal dilontarkan oleh orang bernama Bob Hill. Ia menyebut bahwa aroma binatang yang berlarian di bawah jembatan membuat anjing tertarik hingga melompat-lompat di dekat dinding hingga akhirnya jatuh secara tidak sengaja.

Pendapat Hill menjadi semakin masuk akal karena area sekitar jembatan adalah lingkungan tempat hidup cerpelai. Hewan mamalia itu memiliki kemampuan untuk mengeluarkan aroma tajam lewat kelenjar anal mereka. 

Satu fakta lagi, anjing biasanya hanya melompat dan terjun di Jembatan Overtoun saat hari sedang cerah dan cuaca lembab tak membuat bau cerpelai menjadi kurang tajam.

Teori di atas memang masuk akal, namun ada pula pertanyaan lain. Mengapa fenomena ini hanya ada di Jembatan Overtoun?

Baca Juga: Kisah Mistis Amityville House, Konon Paling Angker di Amerika Serikat

Untuk menjawabnya, seorang ahli perilaku hewan bernama David Sands juga punya teori.

Menurutnya, penyebabnya adalah desain jembatan yang dindingnya lebih tinggi ketimbang kebanyakan jembatan lain dengan satu sisi yang miring. Anjing mungkin melompat karena mengira akan langsung mendarat di tanah.

Apapun itu, yang jelas sampai saat ini belum ada teori yang terbukti benar dan akurat dan pemilik anjing harus mengikat anjingnya dengan cermat saat berjalan di Jembatan Overtoun.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30