Doa Akhir dan Awal Tahun yang Dibaca Rasulullah, Lengkap dengan Arti dan Keutamaan
Foto
Doa Akhir dan Awal Tahun yang Dibaca Rasulullah

Doa Akhir dan Awal Tahun yang Dibaca Rasulullah, Lengkap dengan Arti dan Keutamaan

Jelang pergantian tahun, banyak netizen ingin memanfaatkan waktu untuk melakukan mengintrospeksi seraya bersyukur atas apa yang diberikan Allah SWT selama 2020.  Doa akhir tahun banyak dicari di Google Search.

Berikut ini doa yang dibaca Rasulullah SAW di akhir tahun hijriyah, yang dicantumkan oleh Sayid Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar.

Bacaan Doa Akhir Tahun

Melansir dari laman NU Online, berikut doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, untuk dibaca di akhir tahun, seperti yang dimasukkan oleh Mufti Jakarta abad 19-20 Habib Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar sebagai berikut:

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya: "Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah,"

Doa akhir tahun ini bisa dibaca sebanyak 3 kali dan dibaca sekurang-kurangnya sebelum waktu Maghrib.

Doa Awal Tahun

Sedangkan saat memasuki awal tahun 2021, berikut doa Rasulullah SAW, seperti yang disebutkan Sayid Utsman bin Yahya dalam Maslakul Akhyar:

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Sama seperti doa akhir tahun, doa awal tahun ini dibaca sebanyak tiga kali dan sebaiknya dibaca pada hari pertama di tahun baru.

Keutamaan Membaca Doa Akhir Tahun

Dengan memanjatkan doa untuk mengakhiri tahun, maka diharapkan dosa-dosa yang dilakukan bisa mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Selain itu, juga mengharapkan keberkahan dan rezeki yang melimpah di tahun berikutnya. Setelah membaca doa akhir tahun, kita juga disunahkan untuk memanjatkan doa awal tahun baru. Doa ini dibaca selepas Maghrib sebanyak tiga kali untuk memohon kepada Allah SWT agar pada tahun mendatang kita selamat dari godaan setan.



Tag :

doa akhir tahuntahun barudoaakhir tahundoa yang dibaca Rasulullah SAW di akhir tahunKeutamaan Membaca Doa Akhir Tahundoa tahun barudoa awal tahunRasulullah SAWdoa yang dibaca Rasulullah SAWakhir tahun hijriyah

Artikel Terkait :

  • Sosok Budi Said, Pengusaha yang Menang Gugatan Emas Melawan Antam

  • Lirik Lagu Lengkap Acceptance Speech Epik High Feat B.I dan Terjemahannya

  • Situasi Sumedang Pasca Tanah Longsor, 38 Orang Tewas dan 2 Orang Lainnya Masih Hilang

  • Daftar 16 Golongan Masyarakat yang Tak Dapat Vaksin Covid-19


  • Share to: