Mengenal Gejala Sepele Terinfeksi Covid-19, Salah Satunya Mudah Lupa

Mengenal Gejala Sepele Terinfeksi Covid-19, Salah Satunya Mudah Lupa

Ahmad
2020-12-24 19:34:22
Mengenal Gejala Sepele Terinfeksi Covid-19, Salah Satunya Mudah Lupa
Gejala Covid-19 semakin hari semakin beragam. Bahkan, terdapat gejala yang dianggap remeh sebagai tanda telah terinfeksi Covid-19. Salah satunya mudah lupa. Ilustrasi. Foto: Pixabay

Gejala Covid-19 semakin hari semakin beragam. Bahkan, terdapat gejala yang dianggap remeh sebagai tanda telah terinfeksi Covid-19. Salah satunya mudah lupa.

Jika diamati, memang sangat sulit mengidentifikasi seseorang telah terpapar virus yang berasal dari Wuhan, China ini.

Berikut beberapa gejala yang dianggap remeh sebagai tanda telah terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Pamer Foto KTP Tara Basro, Buat Netizen Terpesona Kecantikan Naturalnya

1. Mudah lupa

Salah satu tandanya mudah lupa, hal ini disebut-sebut berkaitan dengan jangka panjang pasien Corona pasca terpapar, bisa mengalami depresi, insomnia, parkinson, hingga kehilangan ingatan, demikian dijelaskan Direktur medis NeuroGrow Brain Fitness Center di Virginia Utara dr Majid Fotuhi.

Kondisi mudah lupa pada pasien Corona umumnya disertai demam hingga masalah pencernaan, yang menjadi penyebab mudah lupa pada pasien COVID-19 akibat oksigen dalam otak.

2. Anosmia

Gejala Covid-19 paling khas yang ditemukan belakangan ini adalah kondisi anosmia. Seseorang kehilangan kemampuan mencium dan merasakan sesuatu.

Tentu hal ini menyebabkan nafsu makan berkurang dan jika dibiarkan, pasien Corona bisa saja mengalami kekurangan nutrisi. Waspadai jika gejala Corona anosmia muncul, bisa jadi pertanda awal terpapar Covid-19.

3. Nyeri dada

Gejala nyeri dada ini merujuk pada salah satu pasien Corona, Kerrie Noth yang sudah dirawat selama 36 hari mengaku kerap merasa terbakar dan muncul rasa kesemutan di sekitar dada dan lehernya.

Jantungnya pun sering berdebar-debar hingga timbul rasa tak nyaman cukup ekstrem di bagian dada dan tulang rusuk.

Baca Juga: Pemerintah Tegaskan Tak Ada Unsur Politik dalam Penahanan Habib Rizieq

4. Pusing

Studi yang dimuat dalam Ear, Nose and Throat Journal menjelaskan pusing jadi gejala Covid-19 yang umum ditemukan pada pasien Corona. Dalam sebuah laporan juga ditemukan pasien Covid-19 mengalami gejala vertigo, mual, muntah.

Rasa pusing yang dialami seperti sensasi berputar di kepala hingga tubuh hilang keseimbangan, seperti yang terjadi saat mengalami vertigo.

Namun, vertigo juga bisa disebabkan banyak faktor seperti dehidrasi, konsumsi obat-obatan, gangguan telinga dan yang lainnya.

5. Batuk kering

Gejala lain yang menandakan kamu sudah terinfeksi Covid-19 adalah batuk kering. Gejala Covid-19 ini muncul akibat iritasi pada jaringan paru-paru. Saat udara memasuki paru-paru dan melewati jaringan yang teriritasi, hal itu memicu batuk.

6. Sesak napas

Sesak napas juga menjadi gejala Covid-19 yang cukup umum ditemui. Infeksi Corona menyebabkan pasien yang mengalami kondisi parah mengeluh sesak napas.

7. Kelelahan kronis dan dehidrasi

Dikutip dari EatThis, ahli penyakit infeksi dr Anthony Fauci telah memperingatkan banyak pasien Covid-19 yang mengalami post-viral syndrome dengan gejala yang menyerupai sindrom kelelahan kronis atau myalgic encephalomyelitis.

8. Kerusakan jaringan paru

Infeksi Covid-19 pada umumnya menyerang paru-paru sehingga membuat pasien mengalami batuk hingga sesak napas. Pasca sembuh, ahli mengklaim beberapa penyintas Covid-19 bisa mengalami fibrosis paru.

Kondisi ini membuat seseorang sulit bernapas. Ini merusak kantung udara di paru-paru yang bertugas mengirim oksigen ke darah. Kerusakan ini menyebabkan paru-paru menjadi kaku.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30