Tips Merawat Sepatu Sneakers Biar Tetap Awet dan Tak Cepat Rusak

Tips Merawat Sepatu Sneakers Biar Tetap Awet dan Tak Cepat Rusak

Foto
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Sneakers menjadi salah satu item fashion yang hampir dimiliki semua orang. Untuk menjaga, terdapat beberapa tips merwat sepatu sneakers agar tetao awet dan tak cepat rusak. Selain bisa membuat penampilanmu lebih trendi, jenis sepatu ini juga nyaman saat dipakai. 

Berikut tips merawat sepatu sneakers biar tetap awet dan tak cepat rusak.

1. Kenali Jenis Bahan Sneakers

Dalam perawatan sneakers, hal yang paling terpenting adalah mengenali material sneakers pada sepatu kamu. Karena setiap sepatu memiliki bahan yang berbeda dan perawatannya pun tentu berbeda. Misalnya bahansuede, adalah bahan yang harus diperhatikan secara ekstra karena teksturnya yang berbulu seperti beludru membuatnya lebih cepat rusak jika dicuci dengan cara menyikatnya menggunakan penyikat.

2. Cuci Sepatu dengan Benar

Setelah kamu memerhatikan material pada sneakers. Langkah berikutnya adalah mencuci sepatu dengan cara yang tepat sesuai bahannya. Hindari merendam sneakers pada air yang diisi sabun atau deterjen, hal ini akan membuat warna jadi cepat pudar dan juga lem pada sol sepatu jadi mudah lepas. Selain itu, gunakan penyikat sepatu pada area sol saja karena teksturnya yang tebal tidak akan membuat lecet. Kemudian gunakan lap khusus pembersih sepatu untuk bagian yang kotor saja.

Baca Juga: 5 Tips Libur Akhir Tahun Aman di Tengah Pandemi

3. Gunakan Penyemprot Pelindung

Salah satu langkah yang bisa jadi opsi kamu agar sneakers tak mudah kotor adalah dengan menggunakan penyemprot pelindung sepatu. Cukup semprotkan ke seluruh bagian sepatu selama beberapa kali, dan sneakers kamu pun akan lebih terlindungi.

4. Sepatu yang Jarang Dikenakan Akan Cepat Rusak

Jika kamu sneakerheads, tentunya kamu memiliki banyak koleksisneakers yang membuat kamu dilema untuk memilih koleksi mana yang ingin dipakai saat hang out. Ada baiknya jika koleksi sneakers dikenakan secara merata agar konstruksi pada sneakers jadi tetap elastis dan kokoh. Ada beberapa sneakers yang jika tak dikenakan membuat sepatu jadi cepat rusak. Ada pula sepatu dengan sol yang tebal serta konstruksi yang kokoh tidak begitu berisiko jika kamu jarang mengenakannya.

Baca Juga: Tips Paling Aman Menjaga Keuangan saat Pandemi

5. Simpan dengan Benar

Setelah sneakers kamu dicuci atau sedang tak dipakai, sebaiknya simpan di tempat yang kering dan terhindar dari paparan cahaya matahari secara langsung. Agar tak gampang rusak, sebaiknya simpan di dalam plastik ziplock dengan memasukkansilica gel untuk menjaga kondisi dan suhu di sekitar sneakers kamu tak lembab.

6. Pergi Ke Tempat Perawatan Sepatu

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan jika kamu tak memiliki waktu untuk merawatnya. Pilihlah tempat perawatansneakers atau laundry sneakers yang profesional dan berkualitas di tempat kamu. Sehingga kamu pun bisa sekaligus bertanya-tanya seputar perawatan sneakers yang baik dan benar seperti apa.