Biografi dan Profil Lengkap Diego Armando Maradona, Tangan Tuhan Legenda Sepakbola Argentina
Foto
Foto: Biografi dan Profil Lengkap Diego Armando Maradona

Biografi dan Profil Lengkap Diego Armando Maradona, Tangan Tuhan Legenda Sepakbola Argentina

Legenda sepakbola Argentina, Diego Armando Maradona lahir di kota Buenos Aires Argentina.

Dalam sepakbola, Diego Maradona berposisi sebagai striker dan attacking midfielder. Kala itu Maradona menjadi pemain yang paling dibanggakan oleh rakyat Argentina.


Diego Maradona bermain di klub Argentinos Juniors selama 5 tahun (1976-1980) dan berhasil mengumpulkan 116 gol dari 166 pertandingan yang dijalaninya. Selanjutnya Diego Maradona hijrah ke Boca Juniors selama satu musim dan di Boca Juniors, Maradona berhasil cetak 28 gol dari 40 pertandingan serta mempersembahkan trofi Campeonato Metropolitano.

Diego Maradona kembali hijrah ke klub Spanyol Barcelona pada 30 Oktober 1960. Dua musim dia jalani dan berhasil mempersembahkan piala Copa del rey hingga akhirnya hengkang ke klub Italia Napoli pada 1984.

Di Napoli, Diego Maradona bermain selama tujuh musim. Maradona mampu mempersembahkan gelar Serie A, Coppa Italia, Piala UEFA dan Super Italia.

Maradona juga berhasil membawa negaranya, Argentina untuk memenangkan Piala Dunia kedua kalinya pada 1986 setelah sebelumnya pada 1978 juara. Dalam Piala Dunia tersebut pula, Diego Maradona mencetak gol sepanjang masa dengan menggunakan tangannya yang disebutnya dari bantuan tangan Tuhan.

Pada Piala Dunia 1990, Argentina kembali menjadi calon juara setelah mengalahkan Italia di semi final. Sayangnya di final Argentina dikalahkan Jerman Barat.

Karir sepabola Maradona sempat terhenti pasca terbukti menggunakan doping pada 1991. Maradona dihukum 15 bulan tanpa pertandingan. Meski sempat comeback bersama sevilla kala hukumannya selesai, namun Maradona akhirnya dipecat setahun kemudian.

Maradona akhirnya kembali pulang ke negaranya dan bergabung dengan tim Newell's Old Boy. Tak lama bermain, Maradona kembali terkena hukuman karena menggunakan doping pada Piala Dunia 1994.

Maradona akhirnya memilih karir sebagai pelatih dari tim Deportivo Mandiyu dan Racing Club pada 1994 dan 1995 sebelum akhirnya kembali merumput sebagai pemain di Klub Boca Junior antara tahun 1995 dan 1997. Pada 30 Oktober 1997 tepat kelahirannya, Maradona memilih untuk benar-benar pensiun sebagai pemain Sepakbola dan kembali melanjutkan karirnya sebagai pelatih.

Kini sang legenda telah tiada. Tepat 25 November 2020, Diego Armando Maradona menghembuskan nafas terakhirnya karena serangan jantung. Maradona benar-benar sudah pensiun dengan sepakbola dan kehidupannya.


Biodata Diego Armando Maradona

Nama: Diego Armando Maradona

Lahir: 30 Oktober 1960

Tempat Lahir: Lanus, Provincia de Buenos Aires Argentina

Posisi: Supporting Striker, Attacking Midfielder



Tag :

Diego maradonaMaradonaDiego armando maradonaMaradona meninggalArmando maradona meninggalBiografi diego armando maradonaBiodata diego armando maradonaBiodata maradonaBiografi maradonaBiodata maradona wikipediaMaradona wikipediaDiego maradona wikipediaDiego armando maradona wikipediaProfil maradonaBiodata diego maradonaBiografi diego maradonaDiego maradona meninggalDiego armando maradona meninggalKarir diego maradonaKarir maradona

Artikel Terkait :

  • Fakta-fakta Mantan Suami Nita Thalia, Nurdin Rudythia Meninggal Karena Covid-19

  • Biografi dan Profil Lengkap Agama Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Ulama yang Meninggal

  • Fakta-fakta Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf Meninggal di RS Holistik Purwakarta

  • Fakta-fakta Gugatan David Tobing ke Raffi Ahmad, Diam di Rumah 30 Hari


  • Share to: