Jokowi Sebut Vaksin COVID-19 Tiba di Awal Desember, Masih Menunggu Tahapan BPOM

Jokowi Sebut Vaksin COVID-19 Tiba di Awal Desember, Masih Menunggu Tahapan BPOM

Yuli Nopiyanti
2020-11-25 12:59:14
Jokowi Sebut Vaksin COVID-19 Tiba di Awal Desember, Masih Menunggu Tahapan BPOM
Presiden Joko Widodo (Foto:Dok.Instagram/jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pandemi virus corona atau covid-19 belum berakhir. Disisi lain Jokowi juga mengatakan bahwa, Indonesia akan segera melangkah ke arah pemulihan menyusul vaksin covid-19 yang akan segera tiba di Tanah Air pada awal Desember.

"Saya tegaskan kembali bahwa pandemi belum berakhir tetapi kita akan melangkah, segera melangkah untuk recovery, untuk pemulihan melalui vaksinasi yang insyaallah nanti kita harapkan vaksinnya sudah datang di akhir bulan November ini atau awal Desember 2020 tetapi itu juga tidak langsung bisa disuntikkan, dilakukan vaksinasi. Tidak," kata Jokowi.

Baca Juga: Erick Thohir Jelaskan Progam Pemberian Vaksin Covid-19 untuk Seluruh Masyarakat Indonesia

Namun, setibanya di tanah air vaksin tidak langsung disuntikan, vaksin masih menunggu tahapan dari BPOM.

"Masih menunggu langkah-langkah kaidah-kaidah scientific, data-data science yang diperlukan untuk mendapatkan yang namanya emergency use authorization dari BPOM. Jadi meskipun vaksin sudah datang kita masih menunggu tahapan-tahapan di BPOM," ujar Jokowi. 

Jokowi juga menyampaikan bahwa rencana vaksinasi di awal tahun depan. Simulasi, kata Jokowi, sudah dilakukan di beberapa daerah.

"Dan kita harapkan insyaallah juga kalau nggak di akhir 2020 atau di awal di bulan Januari. Nantinya di awal 2021 vaksinasi bisa kita lakukan. Kita telah melakukan simulasi-simulasi di beberapa tempat tapi ini juga tidak mudah karena mendistribusikan ke 34 provinsi, ke 514 kabupaten/kota memerlukan sarana dan prasarana yang tidak sedikit, cold chain, atau pendinginnya," ujarnya.

"Karena vaksin ini perlu kedinginan tertentu sehingga perjalanan ke 514 kabupaten/kota, 34 provinsi memerlukan kehati-hatian dan kita harapkan setelah vaksinasi dilakukan pemulihan kesehatan dan rasa aman masyarakat, kita harapkan akan memicu kegiatan ekonomi masyarakat juga bisa bergerak dan kita harapkan dapat menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya," sambung Jokowi.

Baca Juga: Alasan Erick Thohir Tidak Pilih Vaksin Pfizer dan Moderna, Strategi Jangka Panjang


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30