Prediksi Gempa dan Tsunami Dahsyat Akan Terjadi di Sumatra Barat
Foto
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Prediksi Gempa dan Tsunami Dahsyat Akan Terjadi di Sumatra Barat

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat (Sumbar) memprediksi akan ada gempa dan tsunami dahsyat.

Hal ini berkaitan dengan informasi adanya prediksi gempa dahsyat berkekuatan Magnitudo 8,9!

Masih dalam laporan tersebut telah mengindikasikan bahwa gempa dapat memicu gelombang tsunami raksasa setinggi 10 meter dengan panjang 5 kilometer yang akan menyapu habis Kota Padang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan Siapapun Orangnya

Lebih lanjut, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan PK BPBD Sumbar Syahrazad Jamil merinci bahwa jika terjadi patahan Megathrust Mentawai, yang mengakibatkan gempa bumi berkekuatan 8,9 magnitudo dan tsunami.

"20 sampai 30 menit kemudian disusul gelombang tsunami di Kota Padang setinggi enam hingga 10 meter dengan jarak dua hingga lima kilometer," kata Jamil.

Bencana alam tersebut diprediksi setidaknya berdampak pada 1,3 juta penduduk. Laporan tersebut disampaikan dan diakui keabsahannya oleh para tim ahli dan peneliti.

Penerbitan laporan itu dimaksudkan bukan untuk membuat masyarakat panik, tetapi lebih mengingatkan akan perlunya kesiapsiagaan akan potensi gempa dan tsunami yang bisa datang kapan saja.

Dengan menggunakan skenario terburuk, diperkirakan 39.321 jiwa meninggal dunia, 52.367 hilang dan 103.225 mengalami luka-luka.

Baca Juga: Imbas Pelanggaran Protokol Kesehatan, Posisi Kapolda dan Kapolres Digeser

"Pelabuhan Teluk Bayur dan Bandara Minangkabau hancur, itu prediksi para ahli," katanya.

Sebelumnya Pakar gempa Universitas Andalas (Unand) Padang Badrul Mustafa Phd mengingatkan warga Sumbar agar waspada terhadap potensi gempa bumi yang bersumber dari segmen Siberut.

"Segmen Siberut masih menyimpan dua pertiga energinya, kalau keluar sekaligus bisa menimbulkan gempa berkekuatan di atas 8,5," kata dia di Padang, Selasa 20 Oktober menanggapi gempa bumi yang terjadi sehari sebelumnya di Mentawai.



Tag :

gempa raksasagempa raksasa padangpadangprediksi gempa padang selanjutnyagempa di padang 2020penyebab gempa di padangpadang rawan gempagempa di padang panjang hari inigempa pasaman

Artikel Terkait :

  • Biografi dan Profil Lengkap Agama Nora Alexandra, Istri Jerinx SID yang Dihujat Netizen sebab Foto Seksi

  • Fakta-fakta Nita Thalia Pernah Diminta Raffi Ahmad Jadi Istri Kedua

  • Iwan Fals Tanggapi Pasangan Mesum di Halte Senen, Kabur saat Digerebek Ojol

  • Fakta Terbaru Mesum di Halte Senen, Baru Kenal dan Wanita Diberi Rp 22 Ribu


  • Share to: