Cerita Misteri Duri Landak, Dipercaya Bisa Penghalau Jin dan Usir Penyakit

Cerita Misteri Duri Landak, Dipercaya Bisa Penghalau Jin dan Usir Penyakit

Ekel Suranta Sembiring
2020-11-14 19:12:14
Cerita Misteri Duri Landak, Dipercaya Bisa Penghalau Jin dan Usir Penyakit
Landak (foto: saintif)

Landak merupakan salah satu hewan tubuhnya dipenuhi duri. Landak bisa ditemui di beberapa daerah di Indonesia. Duri landak sendiri memiliki cerita misteri.

Ternyata, masyarakat zaman dulu kerap memanfaatkan duri landak ini untuk berbagai keperluan pengobatan dan perlindungan diri.

Baca Juga: Kisah Seorang Anggota Polisi Kerap Mengalami Hal Mistis saat Bikin Tapel

Ya, masyarakat tradisional di Kalimantan, mempercayai duri landak dapat menolak bala, penghalau gangguan gaib atau melemahkan ilmu hitam yang berasal dari luar.

Contoh penggunaan, duri landak ditempelkan ke bagian tubuh orang yang kesurupan, di antaranya telapak tangan atau kaki, maka makhluk halus segera keluar dari tubuh orang yang dirasuki.

Ada juga yang menggunakan duri landak untuk pengobatan penyakit dengan cara sebagai alat pijat refleksi atau totok syaraf.

Baca Juga: Viral! Kreator Tik Tok ini Tangtang dan Rekam Sosok Nyi Roro Kidul

Tentu tak mudah mendapatkan duri landak ini. Biasanya didapatkan di hutan dari landak yang sudah mati. Setelah dikuliti dan dicabut, duri ini pun dikumpulkan untuk dijual.

Apar pemilik Toko Souvenir Kalimantan di komplek pertokoan Cahaya Bumi Selamat, Martapura, Kalsel, menjelaskan, duri landak ini ada dari hutan di Kalsel dan adapula dari Kaltim.

"Pasokan duri landak ini tidak menentu, tergantung hasil yang dikumpulkan para pemasok yang umumnya dari wilayah perdesaan," ujar Apar.

Baca Juga: Cerita Mistis Sumur Okiku di Jepang, Sumur Paling Angker Dihuni Sosok Wanita Cantik

Duri-duri tersebut panjangnya bervariasi, antara lima sentimeter sampai sepuluh sentimeter. Bentuknya keras dan ujungnya tajam. Warnanya paduan hitam dan putih.

"Ada bermacam penyakit yang bisa disembuhkan dengan duri landak. Benar tidaknya, ya tergantung keyakinan masing-masing," tukas Aspar.

Beberapa cara memanfaatkan duri landak, selain dibuat ramuan, biasanya dari landak ini pun dibikin minyak ekstrak.

Salah satu contoh, untuk mengobati masuk angin atau menyamak, caranya duri landak dibakar hingga menjadi abu. Kemudian dioleskan pada perut atau bagian yang sakit.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30