5 Pemakaman Adat Unik di Dunia, Ada Mayatnya Dikuliti Lho!

5 Pemakaman Adat Unik di Dunia, Ada Mayatnya Dikuliti Lho!

Ekel Suranta Sembiring
2020-11-11 15:24:41
5 Pemakaman Adat Unik di Dunia, Ada Mayatnya Dikuliti Lho!
Pemakaman Tana Toraja (foto: pegipegi)

Di berbagai negara punya banyak upacara kematian. Sejak jaman nenek moyang terdahulu, prosesi pemakaman adat sudah menjadi tradisi yang berkaitan dengan sosial, budaya dan spiritual. Hal tersebut mutlak dan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia.  

Dari banyaknya upacara kematian yang dapat kita temui di dunia, beberapa diantaranya terihat unik bahkan ada juga mengerikan. Yuk, simak berikut ini!

Baca Juga: 5 Tanjakan di Indonesia Terkenal Angker dan Sering Memakan Korban

1. Menguliti mayat ala Suku Ifugao di Filipina


Menguliti mayat ala Suku Ifugao di Filipina (foto: tribunnews)

Pemakaman unik di dunia yang pernah ada berlokasi di Filipina. Suku Ifugao melakukan ritual meletakkan mayat yang telah dimandikan, ditutup mata dan diletakkan di dekat pintu rumah dalam posisi duduk. Masyarakat suku akan menyalakan api sebagai proses pengawetan mayat secara alami. Pasangan orang yang telah meninggal dilarang ikut serta dalam ritual tersebut.

Pada hari keempat si mayat meninggal, orang-orang akan mengambil mayat dan mengulitinya. Kulit sang mayat akan dikubur di bawah rumah sedangkan mayat bisa langsung dikubur atau menunggu waktu empat hari kemudian. Kulit sang mayat yang dikubur dipercaya bisa membantu kesuburan.

2.  Memakamkan mayat di dalam pohon ala Suku Caviteno


Memakamkan mayat di dalam pohon ala Suku Caviteno (foto: tribunnews)

Kelompok etnis Spanyol-Filipina yang hidup di Pulau Luzon memiliki tradisi pemakaman unik di dunia. Ya, Suku Caviteno akan meletakkan mayat di dalam pohon dengan bentuk vertikal yang ditutup. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan suku bahwa manusia yang telah mati akan menyerahkan kembali segalanya kepada alam. Uniknya, orang yang meninggal akan memilih sendiri pohon mana yang hendak digunakan sebelum mereka benar-benar meninggal dunia.

Baca Juga: 4 Rumah Sakit Terkenal Angker di Dunia, Horor Banget!

3. Pemakaman Tana Toraja


Pemakaman Tana Toraja (foto: pegipegi)

Indonesia merupakan negara besar yang memiliki banyak suku tersebar di berbagai wilayah. Salah satu tempat di Sulawesi Selatan yang memiliki pemakaman unik di dunia adalah Tana Toraja. Tingkat kunjungan wisatawan baik lokal hingga mancanegara terus bertambah yang menunjukkan antusiasme menyaksikan adat dan budaya di Tana Toraja.

Umumnya tradisi pemakaman dimasukkan dalam peti di tebing-tebing dengan proses mumifikasi. Ada prosesi adat Tau-tau atau karya seni dari patung yang menyerupai orang yang dimakamkan, Festival Ma’nene atau mendandani mayat dan digiring pulang ke tanah kelahiran, Bori Kalimbuang, Kambira dan Londa. Anda wajib menyaksikan langsung tradisi pemakaman unik di dunia yang memiliki bebatuan menhir megalitikum Bori Kalimbuang atau tempat Rante Kalimbuang digelar yang masuk daftar warisan UNESCO.

4. Kushinbutsu di Jepang


Kushinbutsu di Jepang (foto: tribunnews)

Pemakaman unik di dunia lain yang wajib Anda ketahui adalah cara mumifikasi para biksu atau biarawan Jepang. Tradisi Sokushinbutsu merupakan proses panjang nan keras yang mengantarkan para biksu menuju alam kematian. Para biksu yang hendak meninggal akan melakukan proses keras seperti diet kacang-kacangan dan buah, kehilangan cairan tubuh, melakukan aktivitas keras dan meracuni tubuh sendiri guna menghilangkan risiko tubuh diserang belatung.

Selanjutnya para biksu akan menunggu kematian di makam batu. Mereka akan membunyikan lonceng setiap hari sampai lonceng tersebut terhenti yang menandakan bahwa mereka tak lagi bernapas. Makam batu akan ditutup hingga kurun waktu seribu hari sebelum dibuka untuk proses verifikasi mumifikasi.

Baca Juga: Cerita Misteri! Membakar Terasi hingga Menyisir Rambut Tengah Malam Konon Dapat Terjadi Penampakan Hantu

5. Upacara Ngaben di Bali


Upacara Ngaben di Bali (foto: kintamani)

Masih berada di kawasan Indonesia, Anda harus tahu mengenai pemakaman unik di dunia bernama upacara Ngaben. Orang yang sudah mati akan diletakkan di kamar kecil sedangkan keluarga beraktivitas seperti biasa layaknya orang tersebut sedang tidur. Mayat akan segera dimasukkan di dalam pura dalem sampai upacara Ngaben akan dilaksanakan. Butuh biaya besar sehingga keluarga akan melakukan pemakaman dengan upacara Ngaben setelah memiliki uang.

Upacara Ngaben merupakan ritual pemakaman unik di dunia yang begitu terkenal dikalangan wisatawan mancanegara. Mayat yang ada dalam peti akan diletakkan di atas panggung setinggi 9 meter yang telah dihias menarik. Upacara dan sesajen akan dilakukan sebelum peti mati dibakar hingga mayat menjadi abu. Abu orang yang meninggal tersebut akan dikumpulkan dan dibuang di lautan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24