4 Destinasi Wisata Surabaya yang Sarat Akan Sejarah di Hari Pahlawan

4 Destinasi Wisata Surabaya yang Sarat Akan Sejarah di Hari Pahlawan

Ahmad Diponegoro
2020-11-10 15:31:36
4 Destinasi Wisata Surabaya yang Sarat Akan Sejarah di Hari Pahlawan
Foto: Instagram/new.lineid

Di Surabaya terdapat empat destinasi wisata sarat sejarah yang sangat sayang dilewatkan untuk dikunjungi. Terlebih saat Hari Pahlawan. 

Saat 10 November 1945, di Surabaya telah terjadi petempuran yang mengakibatkan 6 ribu rakyat Indonesia gugur dalam pertempuran ini.   

Merujuk peristiwa itu kemudian ditentukan Presiden Soekarno sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959, pada 16 Desember 1959.

Baca Juga: Tokoh-tokoh yang Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional oleh Jokowi

Berikut 4 destinasi wisata yang sarat sejarah pada Hari Pahlawan di Surabaya.

1. Tugu Pahlawan


Tempat ini merupakan salah satu ikon Kota Surabaya yang sangat erat kaitannya dengan hari pahlawan.

Tugu dengan tinggi sekitar 40 meter ini memiliki 10 lengkungan yang dibagi menjadi 11 ruas. Bentuk tugu tentu saja sarat akan makna. Jumlah lengkungan menjadi simbol untuk tanggal 10 dan jumlah ruas yang memiliki arti bulan ke-11 yaitu November. Tinggi tugu ini pun menggambarkan tahun 1945.

Tugu pahlawan dibangun untuk mengenang dan menghargai keberanian para pahlawan yang telah bertempur. Tugu berbentuk paku terbalik ini  berdiri di dekat Kantor Gubernur Jawa Timur.

Tak jauh dari Tugu Pahlawan terdapat museum yang dapat dikunjungi. Museum ini dapat didatangi untuk lebih paham akan sejarah pertempuran 10 November di masa lalu.

2. Hotel Majapahit


Hotel Majapahit dulunya bernama Hotel Yamato. Para pemuda Indonesia marah karena bendera Belanda (merah-putih-biru) dikibarkan tanpa izin pemerintah Republik Indonesia di hotel ini. Kemudian para pemuda Indonesia datang dan merobek bagian biru bendera tersebut. Pemuda-pemuda ini kemudian mengibarkan bendera merah putih di tiang tingkat teratas Hotel Yamato.

3. Gedung Internatio


Di dekat tempat inilah pemimpin tentara Inggris, Brigadir Jenderal Aubertin Mallaby tewas tertembak. Tewasnya Mallaby memicu pertempuran 10 November di Surabaya. Hingga saat ini, sosok pemuda Indonesia yang menembakan senjata dan menewaskan Mallaby tak pernah diketahui publik.

Baca Juga: Daftar Lagu yang Bisa Didengarkan Untuk Mengenang Jasa Pahlawan

Tempat ini dibangun pada 1920 dan dulunya merupakan markas bagi tentara sekutu. Gedung Internatio terletak di Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya.

4. Penjara Kalisosok


Penjara Ini pun cukup erat kaitannya dengan perjuangan pahlawan Indonesia. Penjara Kalisosok menjadi tempat penahanan tokoh-tokoh penting Indonesia kala itu.

W.R Soepratman, K.H Mas Mansyur, HOS Tjokroaminoto, bahkan Sukarno sang Proklamator pernah merasakan ditahan di penjara yang banyak ditakuti kala itu. Penjara Kalisosok terletak di Jalan Kasuari Krembangan, Surabaya. Kamu bisa menggunakan jasa wisata di sekitar penjara ini bila ingin mengeksplor Penjara Kalisosok.


Share :