Tips Paling Penting Sebelum Membeli Ponsel Android Baru

Tips Paling Penting Sebelum Membeli Ponsel Android Baru

Foto
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Sudah banyak ponsel Android yang telah beredar di pasaran. Untuk membeli ponsel Android baru, terdapat beberapa tips penting sebelum membeli ponsel Android baru.

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh berbagai merek, ponsel Android seakan mengerti keinginan para pembeli dari berbagai kalangan.

Baca Juga: Tips Paling Ampuh Lacak HP yang Hilang

Berikut ini tips penting sebelum membeli ponsel Android baru.

1. Perhatikan harga

Tidak ada patokan jelas, tapi ponsel entry level atau kelas bawah biasanya di bawah Rp 2 juta. Kecuali untuk fungsi dasar sehari-hari, jangan berharap lebih soal performa di kategori ini. Umumnya dapat menangani multitasking ringan, tapi sektor kamera atau kualitas layar kemungkinan biasa-biasa saja.

Ponsel mid range berada di kisaran Rp 2 juta sampai Rp 7 jutaan, dapat menangani multitasking dan aplikasi berat lebih mumpuni dari entry level. Seberapa baik biasanya tergantung harga, kian mahal kian bagus, layarnya mungkin lebih baik, storage lebih tinggi, kamera lebih superior dan sebagainya.

Baca Juga: Fakta Menarik Museum Sumpah Pemuda Cocok Jadi Destinasi Libur Panjang

Di kelas high end Rp 7 jutaan ke atas, barulah pengguna bisa mengharapkan performa maksimal. Menjalankan game kelas berat takkan ada masalah

2. Ukuran layar

Pengguna dengan tangan besar bisa memilih ponsel di kisaran layar 6 inch. Sedangkan yang berukuran kecil mungkin di kisaran 5 inch atau bisa juga membeli lebih besar dengan konsekuensi tidak begitu mantap di tangan.

3. Perhatikan fitur

Sebagian memiliki pemindai wajah, sebagian ada yang menyertakan stylus. Sebelum membelinya, mungkin bisa dipelajari apa saja fitur tersebut dan dipilih mana yang benar-benar nyaman dan berguna bagi pemakainya alias tidak sekadar gimmick tapi malah membuat harganya lebih mahal.

4. Memilih merek

Sangat banyak merek smartphone di pasaran, ada Vivo, Oppo, Samsung, Xiaomi, Realme, Advan, Nokia dan lainnya. Hal ini juga perlu dipertimbangkan dengan baik karena meskipun sama-sama memakai Android, ada sentuhan yang berbeda dari tiap pabrikan.

5.  Hardware

Hardware mempengaruhi performa ponsel dan biasanya terkait dengan 3 hal, CPU atau prosesor, kapasitas RAM dan storage internal. Semakin tinggi RAM (Random Access Memory), semakin banyak aplikasi bisa dijalankan bersamaan dengan mulus.

CPU adalah otak dari ponsel, biasanya antara Snapdragon, MediaTek, Exynos atau mungkin Kirin dari Huawei. Semakin tinggi nomor serinya, biasanya prosesor itu semakin gahar.

Apabila suka memainkan musik, main game dan banyak melihat YouTube, ponsel kelas menengah mungkin lebih cocok. Dan bagi yang mengharapkan kualitas tertinggi dan selalu ingin performa ponsel lancar jaya, kategori high end adalah jawabannya.



Tag :

tips memilih ponsel android barutips memilih ponsel androidtips memilih ponsel android 2020tips memilih ponsel android berkualitas

Artikel Terkait :

  • 6 Doa Penting di Bulan Ramadan hingga Dapatkan Malam Lailatul Qadar

  • Marcell Siahaan, Pernah Merasa Paling Pinter Karena Vegetarian

  • Donna Rosamayna br Barus, Wanita Karo yang Jadi Penulis Skenario Sinetron Ikatan Cinta

  • Fakta-fakta Menarik Gong Myung, Sukses Curi Perhatian Lewat Comeback di Drama Hong Chung Gi


  • Share to: