7 Rekomendasi Makanan Tinggi Serat Terbaik untuk Kesehatan
Foto
Ilustrasi. Foto: Pixabay

7 Rekomendasi Makanan Tinggi Serat Terbaik untuk Kesehatan

Serat merupakan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Ada beberapa rekomendasi makanan tinggi serat terbaik untuk kesehatan tubuh.

Sekedar informasi, serat adalah nutrisi yang terdapat di dalam karbohidrat. Serat juga baik untuk menurunkan kolesterol, sistem pencernaan, mengontrol gula darah, dan mengatasi sembelit.

Bahkan, Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori yang dikonsumsi setiap hari. Artinya, rata-rata dibutuhkan sekitar 24 gram serat untuk perempuan dan 38 gram untuk pria.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor yang Paling Instagramable

Berikut rekomendasi makanan tinggi serat terbaik untuk kesehatan.

1. Almond

 

Almond merupakan kacang yang kaya akan nutrisi. Almond mengandung lemak sehat, vitamin E, mangan, dan magnesium.

Dalam mengonsumsi almond, pakar kesehatan merekomendasikan sebanyak 13,3 gram serat per 100 gram atau sekitar 4 gram serat setiap tiga sendok makan.

2. Coklat murni


Cokelat hitam juga tinggi nutrisi dan antioksidan. Pastikan untuk memilih cokelat hitam dengan kandungan kakao 70-95 persen untuk mendapatkan manfaat yang optimal. 

Akan tetapi, jangan mencampurnya terlalu sering dengan susu yang tinggi kadar gula. Semakin tinggi gula, susu, atau campuran lain di dalam cokelat, yang sering kali tidak sehat.

Dalam 100 gram cokelat hitam 70-85 persen terdapat 10,9 gram serat.

3. Oat 


Oat kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Oat juga memiliki serat larut yang disebut dengan beta glukan, baik untuk gula darah dan kolesterol.

Sekedar informasi, 100 gram oat terdapat 10,1 gram serat.

4. Kacang merah


Kacang merah tinggi akan serat dan protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram kacang merah terdapat 6,8 gram serat.

5. Alpukat 


Alpukat tinggi akan serat dan lemak yang sehat. Buah ini mengandung vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E, dan vitamin B.

Serat dalam 100 gram alpukat mencapai 6,7 gram.

6. Pir 


Selain serat, pir juga mengandung vitamin C, vitamin K, kalium, dan tembaga yang semuanya menunjang kesehatan dan imunitas.

Baca Juga: Merinding! Kisah Seram Jembatan Barelang yang Konon Jadi Tempat Favorit untuk Bunuh Diri

Dalam 100 gram pir terdapat 3,1 gram serat.

7. Brokoli 


Brokoli adalah makanan kaya serat, vitamin c, vitamin K, vitamin B, folat, dan kalium. Brokoli juga memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Dalam 100 gram brokoli terdapat 2,6 gram serat.

Konsumsi makanan tinggi serat terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.



Tag :

7 rekomendasi makanan tinggi seratrekomendasi makanan tinggi seratmakanan tinggi seratdaftar makanan tinggi seratmakanan kaya serat untuk pencernaanmakanan kaya serat untuk dietsayuran tinggi seratmakanan tinggi serat untuk bayiminuman kaya seratmakanan tinggi serat dan proteinpengertian makanan berserat

Artikel Terkait :

  • Pemakaman Pondok Ranggon Penuh, Sistem Tumpang Tindih Jadi Solusi

  • Awkarin Curhat Kesehatan Mental Pasca Putus Cinta dari Sabian Tama

  • Sosok Adi Sarwono, Seorang Salesman yang Viral Karena Berani Undang Presiden Jokowi

  • Salesman Adi Sarwono Undang Presiden Jokowi untuk Peresmian Rumah Literasi Busa Pustaka


  • Share to: