Niat dan Bacaan Lengkap Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan

Niat dan Bacaan Lengkap Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan

Yuli Nopiyanti
2020-10-14 15:51:47
Niat dan Bacaan Lengkap Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan
Ilustrasi Shalat

Rebo Wekasan atau Rabu Pungkasan. Menurut ulama ahli Kasyf, pada hari Rebo Wekasan atau Rabu Pungkasan ini Tuhan yang Maha Esa akan menurunkan berbagai penyakit.

Diriwayatkan dalam buku Kanzun Najah Was-Suraar fi Fadail al-Azmina Wasy-Syuhaar, Imam Abdul Hmiid Quds, Mufti, dan Imam Masjidil Haram Makkah mengatakan:

"Banyak Awliya Allah SWT mempunyai pengetahuan spiritual telah menandai bahwa setiap tahu, 320 penderitaan (Baliyyat) jatuh ke bumi pada hari Rabu terakhir di bulan safar."

Baca Juga: Istilah Rebo Wekasan atau Hari Rabu Terakhir di Bulan Safar

Penting untuk diketahui bahwa jika niatnya adalah sholat Rebo Wekasan secara khusus, maka hukumnya tidak boleh karena tidak terdapat dalam Syariat Islam. 

Namun jika niatnya adalah sholat sunnah mutlaq atau sholat hajat, maka hukumnya boleh dilakukan.

- Sholat sunnah mutlaq adalah sholat yang tidak dibatasi waktu, tidak dibatasi sebab, dan bilangannya tidak terbatas.

- Sholat hajat adalah sholat yang dilaksanakan saat memiliki keinginan atau hajat tertentu, termasuk hajat li daf'il makhuf (menolak hal-hal yang dikhawatirkan).

Berikut tata cara sholat tolak bala yang bisa dilakukan pada Rebo Wekasan.

Shalat dilaksanakan empat roka'at dan dua kali salam dengan niat:

Usholli sunnatal lidaf’il balaa rokatainii lillaahi ta’ala

(Artinya : Aku berniat shalat menghilangkan bala dua raka’at sunnat karena Allah SWT)

- Setelah baca niat yang pertama bacalah Al Fatihah, kemudian membaca surat Al-Kautsar 17x.Kemudian setelah rukuk pertama, baca Al Fatihah dan surat Al-Ikhlash 5x.

- Setelah rukuk kedua dan salam, bacalah niat satu kali lagi kemudian baca Al Fatihah kemudian surat Al-Falaq 1x. Diikuti lagi dengan bacaan surat Al Fatihah lalu surat An-Nas 1x, sebelum salam kedua dan terakhir.

Setelah selesai shalat, bacalah doa keselamatan. Berikut adalah doa yang dianjurkan.

Bismilaahir rahmaanir rahiim

Wa shallallaahu alaa sayyidinaa muhammadin wa alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.

Allaahumma yaa syadiidal quwa wa yaa syadidal mihaal yaa aziiza dzallat Li’izzatika jamii’u khalqika ikfinii min jamii’I khalqika yaa muhsinu yaa mujammilu yaa mutafadh-dhilu yaa mun’imu yaa mukrimu yaa man laa ilaaha illa anta bi rahmatika yaa arhamar raahimiin

Allaahumma bisirril hasani wa akhiihi wa jaddihi wa abiihi ikfinii syarra haadzal yawma wa maa yanzilu fiihi yaa kaafii fasayakfiyukahumul-laahu wa huwas-samii’ul ‘aliim. Wa hasbunallaahu wa ni’mal wakiilu wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim. Wa shallallaahu ta’aalaa ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wasallam

Artinya: Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Semoga shalawat dan salam Allah senantiasa tercurah pada junjungan kami, Nabi Muhammad saw, keluarga dan para sahabatnya.

Allahumma, Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memiliki Kekuatan dan Keupayaan; Ya Allah, Tuhan Yang Mahamulia dan karena Kemuliaan-Mu itu, menjadi hinalah semua makhluk ciptaan-Mu, peliharalah aku dari kejahatan makhluk-Mu; Ya Allah, Tuhan Yang Maha Baik Perbuatan-Nya; Ya Allah, Tuhan Yang Memberi Keindahan, Keutamaan, Kenikmatan dan Kemuliaan; Ya Allah, Tiada Tuhan kecuali hanya Engkau dengan Rahmat-Mu Yang MahaPenyayang.

Allaahumma, Ya Allah, dengan rahasia kemuliaan Sayyidina Hasan ra dan saudaranya (Sayyidina Husein ra), serta kakeknya (Sayyidina Muhammad saw) dan ayahnya (Sayyidina `Ali bin Abi Thalib ra), peliharalah aku dari kejahatan hari ini dan kejahatan yang akan turun padanya; Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memelihara, cukuplah Allah Yang Maha Memelihara lagi Maha Mengetahui untuk memelihara segalanya. Cukuplah Allah tempat kami bersandar; tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah Yang Maha Tinggi lagi MahaAgung. Amin.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Doa yang Ampuh Agar Anak Terhindar dari Gangguan Makhluk Halus


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30