Mengenal Hantu Banaspati yang Mematikan

Mengenal Hantu Banaspati yang Mematikan

Ekel Suranta Sembiring
2020-09-27 12:40:52
Mengenal Hantu Banaspati yang Mematikan
Ilustrasi Banaspati (foto: Youtube)

Hantu atau dedemit secara umum merujuk kepada roh atau arwah yang meninggalkan badan karena kematian. Di Indonesia jenis-jenis hantu pun beragam, seperi kuntilanak, genderuwo, pocong, dan masih banyak lagi. Kali ini ada juga hantu yang melegenda di Tanah Jawa dan sangat mematikan dan ditakuti yakni, Hantu Banaspati.

Banaspati adalah sebutan bagi hantu atau roh jahat dengan ilmu hitam tingkat tinggi yang memiliki wujud seperti api dan berelemen utama api. Sosoknya bisa mengambil bentuk bola api atau pusaran api. Hantu ini biasanya terbang rendah dari satu tempat ke yang tempat lain dengan mengambil rupa layaknya. Dikabarkan, Banaspati akan membakar manusia yang mengusiknya.

Baca Juga: Misteri Susuk hingga Pantangan-pantangan jika Memakai Susuk

Beberapa pakar supranatural memberikan pengakuan bahwa Banaspati juga bisa dipelihara untuk kepentingan tertentu. Diantaranya untuk kepentingan  santet atau untuk mengirim barang tertentu dengan tujuan menyakiti atau  mengganggu orang.

Selain dilihat dari bentuk penampakannya ternyata ada 2 jenis hantu Banaspati yang sering di ceritakan orang dan menjadi misteri hingga saat ini, diantaranya :

Baca Juga: Kisah Misterius Boneka-boneka Milik Anak Indigo Furi Harun, Dipercaya Bonekanya Makan dan Minum

1. Banaspati Geni

Banaspati Geni (api) adalah Banaspati yang bersenyawa dengan udara. Maka, udara adalah sumber kekuatan utamanya. Apabila seseorang bertemu dengan Banaspati Geni dan takut, maka semakin besar pula kekuatannya. Hal itu disebabkan oleh pengaruh dari energi ketakutan seseorang yang dimanfaatkan dengan menagambil energi udara di sekitarnya untuk membuatnya menjadi api yang berkobar-kobar.

Baca Juga: Kisah Mistis Rumah Reuneker di Salatiga, Bekas Peninggalan Kolonial dan Dijaga Sosok Nenek Tua

2. Banaspati Tanah Liat

Konon Banaspati jenis ini suka berdiam di hutan dan senang memangsa korbannya dengan cara menghisap darah sampai habis. Korban yang diincar adalah orang-orang yang tidak menapakkan tubuhnya dengan tanah atau tidak langsung bersentuhan dengan bumi karena memakai alas kaki. Bila menjumpai Banaspati jenis ini cara untuk menyelamatkan diri adalah dengan melepaskan alas kaki kemudian menapak di tanah dan berdiri diam.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24